Lovebird Paruh Gajah

Sekarang ini banyak orang yang memelihara hewan dan menjadikannya sebagai hobi. Salah satunya yaitu pelihara burung lovebird, mungkin anda sudah tahu kalau lovebird ini memiliki suara kicauan yang merdu dan juga warna bulu yang cantik.

Selain itu lovebird juga tidak susah cara merawatnya karena mudah beradaptasi dilingkungan apapun. Namun sebaiknya sebelum memelihara lovebird anda harus mencari tahu dulu cara-cara yang baik dan benar dalam merawat lovebird.

Dan juga mencari tahu tentang penyakit-penyakit yang bisa menyerang lovebird, biasanya penyakit yang paling sering menyerangnya adalah snot, nyilet, cabut bulu, cacar atau patek, paruh gajah dan lain-lain.

Supaya bila lovebird yang anda pelihara terkena penyakit maka anda tidak kebingungan nanti bagaimana cara mengobatinya. Nah lovebird paruh gajah adalah penyakit yang keadaan bentuk paruh dari burung lovebird bagian atasnya memanjang lebih dari batas normalnya yang kelihatan seperti belalai gajah.

lovebird paruh gajah

Lovebird Paruh Gajah

Burung lovebird yang merasai paruh gajah ini terjadi karena pertumbuhan dari paruhnya lebih cepat daripada biasanya. Banyak sekali yang bertanya-tanya lovebird paruh gajah apakah bisa sembuh? Jawabannya adalah bisa, anda perlu melakukan tidakan dengan cepat karena bila dibiarkan saja maka akan semakin parah nantinya.

Baca Juga : Harga Burung Lovebird

Namun banyak juga yang mengincar lovebird yang berparuh gajah ini loh karena katanya suara dari lovebird paruh gajah ngekek panjang, sehingga sering dijadikan lovebird lomba dan hasilnya banyak lovebird paruh gajah juara saat perlombaan dan itu menjadi salah satu keistimewaan lovebird paruh gajah.

Penyebab lovebird mempunyai paruh gajah ini karena lovebird tersebut kekurangan kalsium, jadi anda bisa memotong paruhnya dengan menggunakan pemotong kuku atau mengkikir paruh gajah tersebut. Dan bila sudah dipotong anda bisa memberinya asin yang terbuat dari sotong atau bisa juga dengan memberinya batu bata dalam kandang burung lovebird.

Cara Mengatasi Lovebird Paruh Gajah

Mengatasi lovebird paruh gajah ini tidak begitu susah anda bisa mengobati penyakit ini dengan 2 metode yakni metode alami dan juga metode manual atau buatan. Cara alami ini anda bisa memberinya tangkringan batu dan biarkan lovebird paruh gajah mengobatinya sendiri saja, biasanya dia akan menggesekkan paruh ke tangkringan batu tersebut.

Namun untuk melakukan cara alami ini anda perlu kesabaran karena memerlukan waktu yang tidak sebentar. Nah kalau untuk cara buatannya anda bisa memotong paruhnya menggunakan gunting kuku yang biasa dipakai. Jadi terserah anda akan melakukan cara yang mana, untuk lebih jelasnya lovebird paruh gajah bisa sembuh dengan melakukan cara seperti dibawah ini.

  1. Memotong Paruh

Memotong paruh gajah menggunakan gunting kuku atau dremel, cara ini biasa dilakukan diluar negeri jika memelihara burung yang berparuh bengkok atau parrot seperti serindit, nuri, parkit dan lainnya. Bila anda biarkan saja paruh gajah tersebut maka efek lovebird paruh gajah ini akan kesulitan untuk makan dan minumnya karena paruh yang terlalu panjang.

Dan untuk memotongnya anda harus berhati-hati karena diparuh lovebird juga ada aliran darahnya, jadi potong saja paruh bagian luar yang kelihatan panjang.

Baca Juga : Makanan Burung Lovebird

  1. Menyediakan Kulit Kerang

Anda juga bisa menggunakan kulit kerang, tangkringan yang ada ampelasnya dan batu bata. Dihabitat aslinya burung lovebird sering kali menggosokkan paruh kekulit kerang, batang pohon, batu atau benda yang keras lainnya.

Para pecinta burung diIndonesia memang belum semua yang mengerti atau melakukan cara ini, biasanya cara ini dilakukan di luar negeri seperti Australia, Eropa dan Amerika.

Demikian artikel yang membahas tentang lovebird paruh gajah semoga bisa membantu anda lebih paham lagi tentang penyakit burung lovebird.

Video Lengkap Cara Mengatasi Paruh Gajah Pada Lovebird

Tinggalkan komentar