Lovebird Madagaskar

Nah kali ini saya akan membahas tentang salah satu spesies burung lovebird yaitu Lovebird Madagaskar. Burung yang mempunyai nama latin Agapornis Canus ini asalnya dari Afrika yaitu Madagaskar.

Maka dari itu kenapa namanya Madagaskar karena diambil dari nama daerahnya. Jenis ini mulai tersebar luas ketika abad ke-19 yang awalnya diekspor terlebih dahulu ke benua Eropa.

Lovebird madagaskar ini mempunyai panjang tubuh 14cm dengan berat kira-kira 25 sampai 28 gram. Dan bisa bertahan hidup 10 sampai 20 tahun loh.

Namun jenis ini sangat jarang dimiliki oleh para pecinta burung karena selain harganya yang sangat mahal lovebird madagaskar juga sulit dalam beradaptasi dilingkungan yang baru dan cuaca yang berganti-berganti.

Walaupun sebenarnya lovebird madagaskar ini mempunyai keunikan yaitu adanya 3 warna yang ada ditubuhnya diantaranya warna abu-abu, warna hijau pad dan warna putih.

Lovebird madagaskar yang kepalanya berwarna abu-abu sangat sulit kita temui karena kepala abu-abu ini tidak tersebar luas.

Lovebird madagaskar

Burung Lovebird Madagaskar

Lovebird madagaskar hidup dihutan terbuka, tepi hutan, lahan pertanian, semak dan perkebunan sawit dengan cara berkelompok yang kira-kira jumlahnya sampai 50 burung.

Dan bisa menambah jumlahnya jika ditempatnya ada makanan yang berlimpah. Lovebird madagaskar ini kadang juga sering berkumpul didahan yang kering bersama Penenun Sakalava (Ploceus Sakalava), Madagascar Munia (Lepidopygia nana) dan Madagascar Red Fody (Foudia madagascariensis).

Baca Juga : Burung Lovebird Biola

Ciri dari lovebird madagaskar ini berbeda tergantung dari jenis kelamin dan usianya seperti dibawah ini.

Ciri burung lovebird madagaskar betina

  • Mempunyai bulu dikepala, leher, sayap dan dada yang warnanya hijau
  • Ciri burung lovebird madagaskar jantan
  • Tubuhnya warna hijau
  • Kepala, leher hingga dadanya warna abu-abu
  • Bulu pada ekornya warna hijau
  • Iris matanya warna cokelat tua
  • Pada bagian tunggirnya warna hijau terang dan dibagian bawahnya kekuningan
  • Bawah sayapnya warna hitam
  • Dan kakinya berwarna abu-abu
  • Ciri burung lovebird madagaskar muda

Warna bulunya sama dengan madagaskar dewasa, namun pada burung jantan tengkuknya warna hijau, adanya bercak hitam di bagian pangkal paruh atas dan paruhnya yang warnanya kuning.

Penyebaran Lovebird Madagaskar

Lovebird madagaskar hidup di hutan yang terbuka dengan cara berkelompok dan jenis ini senang berkembang biak saat musim gugur karena lovebird madagaskar tidak mempunyai sifat yang kuat dengan musim dingin.

Nah jadi karena itu dalam penangkaran jenis lovebird madagaskar saat musim dingin ini sangatlah sulit.

Di daerah Madagaskar jenis ini berasa di kawasan hutan, tepi hutan, sawah, perkebunan sawit dan lainnya dengan ketinggiannya kira-kira 1.500 meter dan juga hidup dihutan yang lebat sepanjang lereng gunung.

Populasi yang diprioritaskan untuk dikenalkan yaitu habitat yang sama dengan sebelumnya.

Masa Berkembang Biak

Pada bulan November dan Desember lovebird jenis ini mulai bersarang di Madagaskar dan berkembang biak pada musim hujan yaitu November hingga April di Komoro.

Burung lovebird kepala abu-abu ini membangun sarangnya di lubang-lubang pohon yang dilapisi dengan potongan dedaunan atau kepingan kayu juga batang rumput yang digunakan jenis betina pada bulu-bulu ditubuhnya.

Lovebird madagaskar betina mengerami telurnya selama 23 hari dan burung yang masih muda pergi dari sarangnya setelah 40 hari. Dia bisa menghasilkan telur 4 hingga 5 telur atau bahkan sampai 8 telur.

Perawatan Harian Lovebird Madagaskar

Perawatan lovebird madagaskar sama halnya dengan jenis burung lainnya hanya saja bila ingin perawatan dan setelan hariannya berhasil maka harus dengan rutin, seperti dibawah ini.

  • Pada pukul 6 pagi burung diangin-anginkan atau diembunkan, setelah diembunkan pukul 7 pagi burung dimandikan dengan cara menyemprotkan air kebadannya.
  • Sambil memandikannya anda bisa membersihkan kandangnya setiap hari supaya lovebird terhindar dari berbagai penyakit.
  • Mengganti air minum dan makanan lovebird
  • Memberi sayuran atau buah yang segar.
  • Nah setelah dimandikan tadi maka jemurlah lovebird selama 30 menit sampai 40 menit. Penjemuran yang bagus dilakukan pada pukul 8 pagi sampai 10 pagi
  • Jika sudah dijemur maka lovebird diangin-anginkan lagi tidak usah lama-lama sekitar 10 menit saja, setelah itu kerodong lagi
  • Pada siang hingga sore hari sekitar pukul 11.00 sampai 15.00 lovebird dimasterkan dengan menggunakan suara master dari burung lain atau mp3
  • Pada pukul 18.00 lovebird kembali dikerodong lagi dan biarkan dia beristirahat supaya esok harinya burung kembali fit

Baca Juga : Jenis burung lovebird

Harga Burung Lovebird Madagaskar

Dalam membeli burung lovebird madagaskar anda harus berhati-hati jangan sampai tergiur dengan harga jual yang murah karena dinegara kita Indonesia ini jenis dari burung lovebird madagaskar sangat jarang karena harganya bisa dibilang mahal.

Lovebird madagaskar dijual dengan harga bisa mencapai Rp 1.500.000 untuk yang masih anakan usia 3 bulan dan yang dewasa Rp 2.000.000 per ekornya.

Namun bila lovebird madagaskar yang kondisinya sangat baik dan lovebird madagaskar suaranya bagus atau bisa ngekek panjang harganya bisa mencapai kira-kira Rp 5.000.000 lebih.

Maka dari itu para pecinta jarang ada yang memiliki jenis lovebird satu ini. Namun ada juga yang ingin memelihara jenis ini mereka sampai membelinya import ke berbagai Negara.

Demikian informasi yang bisa saya beri tentang Lovebird Madagaskar semoga bisa bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan komentar