Suka kuliner dan penghobi burung

Burung Lovebird Betina

Siapa yang tidak mengenal burung lovebird yang mempunyai warna bulu yang cantik dan juga kicauan yang merdu. Maka dari itu banyak orang terpesona pada burung lovebird ini walau baru pertama kali melihatnya.

Burung lovebird ini mudah dipelihara karena bisa beradaptasi di iklim cuaca apapun. Dan tidak hanya itu karena lovebird termasuk spesies burung parot yang gampang dijinakkan maka lovebird mempunyai kecerdasan yang jauh daripada burung jenis lain.

Para pecinta burung banyak yang kelompokkan jenis ini dengan lovebird kacamata dan non kacamata. Yang dimaksud lovebird kacamata itu karna lovebird tersebut mempunyai lingkaran yang warna-warni disekitar kelopak matanya.

Burung lovebird kacamata ini adalah hasil persilangan dengan warna burung yang khas seperti dilute atau cinnamon dan lutino. Untuk jenis lovebird yang tergolong dalam lovebird kacamata ini yaitu Liliana, Fischeri, Personata dan Nigrigenis.

Burung Lovebird Betina

 

Lovebird atau sering disebut burung cinta banyak diminati orang banyak termasuk pecinta burung pastinya. Selain di pelihara burung yang mempunyai paruh bengkok ini bisa dijadikan burung lomba dan juga ternak.

Karena untuk menternak burung lovebird ini sangat mudah, namun sebelumnya anda harus tahu dulu cara ternak lovebird yang benar. Selain itu anda juga perlu mengetahui jenis kelamin dari burung lovebird yang akan anda ternak, karena memang lovebird betina dan jantan susah untuk dibedakan.

Nah jika anda sudah mendapat hasil ternak tersebut anda bisa menjualnya, seperti yang kita tahu burung lovebird ini mempunya harga jual yang tinggi mulai dari ratusan ribu sampai jutaan. Dan untuk ciri-ciri burung lovebird betina ini adalah:

  • Lovebird betina kelihatan lebih aktif dalam membuat sarang
  • Warna dari bulunya seperti lebih kusam
  • Ujung sayap lovebird betina tidak menyilang
  • Saat proses supit urang lovebird betina jaraknya lebih longgar jika diraba dan terasa lebih lunak
  • Bentuk tubuh lovebird betina lebih berbobot dan juga lebih tegas
  • Lovebird betina jika bertengger jarak antara dua kakinya melebar
  • ujung bulu ekor lovebird betina lebih rata
  • pada saat birahi lovebird betina akan terlihat sering melebarkan sayapnya, merunduk dan sering menggigit kandangnya.
  • Biasanya lovebird betina mempunyai lubang hidung yang bulat dan lebar
  • Klep atau lingkar kacamata lovebird betina lebih bulat

Baca Juga : Cara Membedakan Jenis Kelamin Jantan dan Betina

Burung Lovebird Betina Over Birahi

Burung Lovebird Betina Over Birahi

Untuk anda yang indin mengikut lombakan lovebird harus selalu menjaga birahinya, tidak hanya lovebird jantan saja yang over birahi ternyata burung lovebird betina over birahi juga. Nah jadi bila lovebird yang sedang over birahi dan anda tetap maksa untuk mengikut lombakannya ini akan mengakibatkan lovebird tersebut tidak mau berbunyi.

Namun memang untuk para pemula menurunkan birahi burung lovebird akan terasa sulit, tapi jika anda sudah tahu cara-caranya maka itu tidak sesulit seperti yang anda bayangkan. Dan untuk ciri-ciri burung lovebird betina over birahi seperti berikut.

  • Sering menggesek tangkringannya
  • Lovebird betina kelihatan selalu ingin keluar dari kandangnya atau lebih agresif
  • Lovebird tidak seperti biasanya yang rajin bunyi menjadi jarang sekali berbunyi
  • Jika lovebird yang sedang meloloh anakannya saat over birahi lovebird tersebut tidak mau meloloh anaknya. Maka hal ini akan menyebabkan anakan tersebut mati kelaparan
  • Burung lovebird betina sering mencabuti bulunya dibagian dada
  • Burung lovebird betina manggut-manggut sendiri

Cara Menurunkan Birahi Burung Lovebird Betina

Jika dilombakan saat birahinya tidak stabil maka lovebird tersebut tidak akan tampil dengan sempurna dan akan menjadi tidak menang dalam lomba tersebut dan juga kelihatannya burung lovebird betina galak.

Jadi anda harus terlebih dahulu menurunkan birahinya dan cara menurunkan birahi lovebird betina yakni:

1. Memandikan lebih sering

Jika lovebird yang sedang birahi dimandikan dengan sering maka itu bisa menurunkan birahinya, anda bisa memandikannya 2 sampai 3 kali dalam sehari.

Namun bila anda ingin lakukan cara ini anda harus perhatikan kondisi tubuh dari burung lovebird. Jadi jangan sampai anda terlalu sering memandikan lovebird tapi tidak perhatikan kondisi tubuhnya karena itu akan membuat lovebird menjadi sakit.

2. Diembunkan dan dijemur sebelum dan sesudah dimandikan

Pada pagi hari sebelum mandi lovebird harus diembun-embunkan terlebih dahulu lalu dijemur kira-kira 15 menit hingga setengah jam. Dan bila matahari sudah ada diatas maka lovebird dimandikan lovebird betina.

3. Diangin-anginkan

Bila lovebird sudah dimandikan maka terlebih dahulu harus diangin-anginkan dan jangan dijemur. Karena penjemuran yang dilakukan sangat sering dengan waktu yang lama tidak baik untuk burung lovebird betina yang sedan over birahi.

4. Beri makanan mentimun

Mentimun banyak mengandung air dan bila lovebird yang sedang over birahi memakan mentimun ini bisa menurunkan birahinya.

Anda bisa memberi makan mentimun ini pada pagi hari setelah lovebird dimandikan sebelum anda memberi makanan yang lainnya.

5. Memberi pakan gabah Bangkok

Gabah Bangkok ini mempunyai kandungan nutrisi yang lengkap seperti mineral dan vitamin. Kandungan yang dimiliki gabah glodok bisa menurunkan birahi lovebird betina.

Selain itu gabah glodok juga bermanfaat untuk lovebird betina karena bisa meningkatkan stamina dan juga membuat burung lovebird betina gacor.

Burung Lovebird Betina Ngekek Panjang

Jika anda ingin burung lovebird betina ngekek panjang maka anda harus melatih burung tersebut.  Untuk melatih lovebird supaya ngekek panjang pun bisa dibilang tidak begitu susah dan juga tidak begitu gampang.

Namun bila anda sudah ahli atau lama dalam dunia burung pasti sangat mudah, ada banyak cara yang bisa anda lakukan supaya burung lovebird betina gacor atau kicauannya bagus seperti dibawah ini.

1. Memandikan burung lovebird

Sama dengan merawat burung yang lain, burung lovebird juga perlu dimandikan agar bulunya terlihat bersih, untuk kesehatan lovebird dan juga agar lovebird mempunyai ngekek yang panjang.

2. Penjemuran

Setelah dijemur burung lovebird harus dijemur dibawah terik sinar matahari namun dalam menjemurnya jangan terlalu lama agar lovebird tidak merasa kepanasan.

Anda bisa menjemurnya dengan kira-kira 25 hingga 45 menit. Lakukan penjemuran ini pada setiap pagi hari dengan rutin.

3. Pemasteran

Masteran yakni sebagai pembentuk karakter dari burung lovebird, jadi sebaiknya supaya lovebird gampang untuk dimasterkan pilihlah lovebird yang masih anakan.

Pemasteran ini bisa anda lakukan pada sore hari dengan waktu beberapa jam.

4. Kerodong

Jika hari sudah malam maka berikan lovebird istirahat dengan kerodong kandang bruung lovebird. Agar keesokan harinya dia merasa lebih fit lagi setelah berlatih seharian.

Burung Lovebird Betina Gestang

Salah satu kelakuan burung lovebird betina gestang atau gesek tangkringan mempunyai tanda yaitu burung lovebird kelihatan menggesekan supitnya pada tempat bertenggernya dan bisa dibilang sama dengan burung lovebird yang sedan kawin. Dan penyebab burung lovebird gestang ini adalah seperti berikut.

  • Burung lovebird stress
  • Kandungan protein yang ada pada makanannya terlalu tinggi
  • Keadaan lovebird sedang tidak sehat
  • Waktu penjemuran yang sangat lama
  • Over birahi
  • Dalam memberi extra fooding yang berlebihan

Bila anda menyatukan lovebird betina yang sedang over birahi dan gestang ini dengan lovebird jantan maka akan membuat lovebird betina tidak akan cepat bertelurnya.

Dan cara mengatasi lovebird gesek tangkringan adalah sebagai berikut.

1. Lepaskan tangkringan pada kandang

Jika lovebird yang anda pelihara sedang dalam keadaan gestang maka anda harus menjauhkan kandangnya. Namun bila tidak ada tangkringan lovebird yang sedang gestang dia akan berhenti melakukan gesek tangkringan tersebut. Dan bila anda sudah meleaps tangkringannya dan birahinya sudah mulai stabil anda bisa menyimpan tangkringan tersebut ditempat semula.

2. Jangan memberi extra fooding

Bila anda memberi makanan tambahan atau extra fooding maka lovebird tersebut tidak akan turun birahinya, jadi selama lovebird sedang over birahi maka anda perlu berhenti dulu dalam memberi makanan tambahan ini.

3. Memberi makanan penurun over birahi

Extra fooding yang bisa menurunkan birahinya yaitu mentimun dan kemangi, anda bisa memberi makanan tersebut dengan cara bergantian sampai birahi dari lovebird bisa normal kembali.

4. Mandi pada malam hari

Lovebird yang sedang mengalami over birahi bila dimandikan pada malam hari itu bisa menurunkan birahinya. Dalam memandikan lovebird anda bisa melakukannya kira-kira sekitar jam 7 malam.

Baca JugaHarga Burung Lovebird

Burung Lovebird Betina Konslet

Burung lovebird betina konslet banyak dicari oleh para pecinta burung karena bila anda mempunyai lovebird konslet yang tetap atau tidak berubah itu akan mudahkan anda supaya menjadi juara di perlombaan.

Dan ciri burung lovebird konslet salah satunya yaitu mempunyai durasi ngekeknya yang panjang. Bila ingin membuat burung lovebird anda konslet anda bisa mengikuti tips mencetak burung lovebird betina konslet berikut ini.

  • Settingan koloni dan untulan (pasangan)

Settingan perawatan yang sangat pas untuk burung lovebird betina konslet fighter yaitu memakai sistem koloni atau untulan ini.

Settingan untulan berfungsi sebagai menghilangkan karakter fighter dari si burung lovebird dan juga bisa untuk stabilkan birahi burung lovebird yang ingin dikonsletkan.

Tahap ini burung lovebird betina dan jantan disatukan dalam kandang, proses ini bisa anda coba dalam waktu 1 minggu dengan memperhatikan perilaku dari lovebird yang dikonsletkan.

Jika bulunya sudah mengembang dan juga sayapnya menyilang tidak kencang itu tandanya pembentukan karakter konslet sudah mulai. Jika sudah konslet anda bisa memisahkan betina dan jantan dan anda segera mencari titik dari gacornya bruung lovebird.

  • Settingan jebol birahi lovebird betina

Burung lovebird betina butuh birahi yang tinggi supaya cepat konslet, untuk meningkatkan birahi burung lovebird betina anda bisa memberikan makanan racikan yang mempunyai dosis yang tinggi.

Selain memberi makanan herbal yang alami sangat dibutuhkan makan tambahan seperti kangkung dan jagung supaya proses menambah birahinya cepat.

Anda bisa melakukan proses ini sekitar 60 menit, 90 memnit dan 120 menit, tetapi ditahap ini akan memberi efek negatif seperti lovebird betina akan mencabuti bulunya dan kadang juga gesek tangkringan.

Demikian pembahasan tentang burung lovebird betina semoga bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan komentar