Lovebird Abisinia

Burung lovebird yaitu jenis burung kicau yang banyak sekali peminatnya karena warna dan kicauannya yang bisa menarik perhatian semua pecinta burung. Seperti yang kita tahu burung lovebird ini ada beragam jenisnya.

Seperti lovebird albino, lovebird pasjo, lovebird violet lovebird cobalt, lovebird abisinia dan masih banyak lagi. Dan saat ini saya akan membahas salah satu dari jenis burung lovebird tersebut yaitu burung lovebird abisinia.

Lovebird abisinia mempunyai nama latin Agapornis Taranta atau biasa disebut dengan lovebird sayap hitam ini berasal dari tanah Ethiopia dan bagian selatan Eritra yang ada di daratan tinggi.

Sama halnya dengan lovebird lainnya Jenis ini juga biasa memakan biji-bijian contohnya biji bunga matahari dan biji buah ara tapi juga bisa memakan buah apel dan jagung.

Untuk harganya saya belum bisa memastikan karena diberbagai sumber pun tidak ada yang mencantumkan harganya.

Lovebird Abisinia

Lovebird abisinia ini berbeda dengan lovebird yang lain, karena biasanya burung lovebird mempunyai mata yang terdapat lingkaran hitam pada bagian matanya. Nah tetapi untuk jenis ini matanya seakan seperti burung gagak yaitu berwarna hitam pekat.

Saat bertelur lovebird abisinia akan membuat sarang di celah-celah pohon, dan dia juga bisa memproduksi telur sampai 3 atau 4 butir telur. Telur tersebut dierami burung lovebird betina selama kira-kira 23 hari dan dia akan keluar dari sangkarnya saat usianya sudah 45 hari setelah menetas.

Ciri dari lovebird abisinia yaitu ukuran badannya kira-kira 15 sampai 16,5 cm dan berat 55 sampai 65 gram. Pada bagian pinggirnya yang warnanya hitam memanjang dari pangkal sampai ujungnya.

Baca Juga : Burung Lovebird Mangsi

Namun setiap lovebird abisinia cirinya berbeda-beda tergantung dari jantan, betina dan usianya seperti dibawah ini.

Ciri lovebird sayap hitam betina

  • Bulu dibagian badannya warnanya hijau
  • Bagian bawah sayapnya warna kehijauan atau hitam kecoklatan
  • Dan lingkaran yang ada dimatanya warna hijau

Ciri lovebird sayap hitam jantan

  • Warna bulu burung jantan dominasi warnanya hijau dan kekuningan yang ada pada ujungnya
  • Ekornya warna hijau
  • Bulu terbangnya warna hitam
  • Pada bagian kaki warnanya abu-abu
  • Lingkaran pada matanya, lorus dan dahi warnanya merah
  • Paruh dari burung jantan lebih miring warnanya merah merjan tua
  • Dan iris matanya warna cokelat gelap

Ciri Lovebird sayap hitam muda

Untuk membedakan sayap hitam muda dan dewasa tidak begitu sulit, anda bisa melihat perbedaannya dari warna bulunya. Bulu dari lovebird sayap hitam muda mempunyai karakter yang mirip dengan betina, bedanya hanya pada warna paruh sayap hitam muda ini berwarna kuning kecoklatan.

Penyebaran Lovebird Abisinia

Seperti yang sudah saya bilang diatas lovebird abisinia ini berhabitat di bagian selatan Eritrea hingga barat daya Ethiopia. Jenis lovebird ini biasa berada di daerah pegunungan atau daratan tinggi dan sangat senang tempat yang lembab, berkabut, basah dan daerah yang dingin.

Namun memang lovebird abisinia atau sayap hitam ini sangat susah untuk dikembangbiakkan padahal jenis ini mampu beradaptasi dilingkungan yang dingin sekalipun. Karena jenis ini mempunyai wilayah penyebaran yang tidak besar maka ini akan beresiko lovebird abisinia menjadi punah.

Baca Juga : Burung Lovebird Batman

Dan diberbagai daerah banyak orang yang menganggap jenis ini sebagai hama tanaman. Maka sudah tak heran lovebird abisinia sering disemprot dengan kimia untuk mencegah serangannya.

Populasi dari lovebird abisinia ini semakin bertambah itu terjadi sejak tahun 1989, mungkin ini terjadi karena kurang peminatnya jenis untuk diperjual belikan.

Nah selesai sudah pembahasan tentang lovebird abisinia atau sayap hitam ini semoga bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan komentar