Suka kuliner dan penghobi burung

Cara Merawat Burung Perkutut

Burung perkutut merupakan burung yang berasal dari hutan, walaupun begitu burung perkutut cukup banyak digemari oleh sebagian orang.

Namun pada saat ini burung perkutut kurang diminati oleh pecinta burung dan mereka berpindah ke burung kicau yang lebih menarik lagi.

Burung yang mempunyai nama latin “Geopelia Sriata” ini ada berbagai macam tipe spesiesnya, salah satunya adalah perkutut lokal dan perkutut Bangkok.

Burung perkutut juga mempunyai mitos yaitu bagi pemilik atau pemelihara burung perkutut ini akan mendapatkan keberuntungan serta keberkahan.

Burung jenis ini juga mempunyai kicauan yang khas dan tidak dipunyai oleh burung kicau manapun. Juga tidak ada yang bisa menyamakan kicauan dari burung perkutut.

Cara Merawat Burung Perkutut Untuk Pemula

cara merawat burung perkutut untuk pemula

1. Pilih jenis kelamin

Bila anda ingin memelihara burung perkutut maka saya sarankan pilihlah burung yang jenis kelaminnya jantan, karena burung jantan suara kicauannya lebih keras daripada burung betina.

Juga burung jantan lebih sering berbunyi.

2. Memberi sangkar

Untuk sangkar burung perkutut sebaiknya diberikan sangkar yang luas supaya dia merasa nyaman. Juga anda bisa menambahkan tenggeran dan tempat makan minumnya.

Baca JugaCara Merawat Burung Lovebird

3. Memandikan burung perkutut

Memandikan burung perkutut juga sama dengan memandikan  burung lainnya yaitu dengan menyemprotkan air kebadannya.

Hal ini juga menjadi faktor yang penting untuk burung perkutut supaya sering bunyi juga gacor.

4. Lakukan penjemuran

Sama halnya dengan burung lainnya setelah dimandikan burung perkutut di jemur jangan dibawah sinar matahari yang terik supaya burung tidak kepanasan dan kekurangan air.

Penjemuran yang baik itu dibawah jam 11 siang.

5. Memberi makan yang berkualitas

Agar burung perkutut tubuhnya sehat maka harus diberi makan yang berprotein. Pada setiap pagi dan sore hari berikan dia makan kacang-kacangan, beras, biji-bijian dan jagung.

Bisa juga anda beri jamu yang bisa anda bikin sendiri yaitu air kencur karena kencur bisa membuat suaranya merdu

6. Tempatkan burung ditempat yang nyaman

Supaya tidak stres lebih baik burung perkutut disimpan di tempat yang jauh dari keramaian dan pengganggu.

Burung stres juga bisa disebabkan karena kandang yang sesak, gelap dan sempit.

7. Melakukan pemasteran

Anda bisa lakukan pemasteran saat burung sedang dijemur atau sedang istirahat pada sore hari sambil didengarkan suara burung masteran tersebut.

Dan melakukan pemasteran yang rutin agar burung perkutut cepat gacor dan rajin berkicau.

Cara Merawat Burung Perkutut Biar Cepat Gacor

1. Membersihkan kandang burung perkutut

Membersihkan kandang memang harus dilakukan agar kebersihan kandangnya membuat burung perkutut nyaman dan tidak mudah sakit.

2. Memberikan makan dan minum

Memberi makan dan minum yang rutin dengan memberi makanan yang burung perkutut sukai seperti beras merah, jagung dan kacang-kacangan.  Anda bisa memberinya 3 kali dalam sehari

3. Suasana yang nyaman

Seperti yang sudah saya bilang sebelumnya simpan burung perkutut di tempat yang nyaman jauh dari keramaian juga agar burung tidak mudah stres

4. Memandikan burung perkutut

Supaya burung perkutut terlihat segar dan bersih maka harus dimandikan dengan menggunakan air yang dicampur dengan sabun anti bakteri.

Fungsinya sebagai menghilangkan bakteri dan kuman yang menempel pada bulu-bulu dari burung perkutut

5. Pilihlah jenis kelamin perkutut

6. Melakukan penjemuran

Waktu penjemuran yang bagus biasanya pada jam 08.00 sampai jam 10.00 karena sinar matahari pada jam segitu bagus bagi burung perkutut yang mengandung vitamin D.

7. Pemberian kencur

Agar kesehatan dari burung perkutut terjaga dan suaranya bagus bisa anda memberikan ramuan yang terbuat dari kencur.

Caranya memarut kencur dan langsung di beri kemulut burung perkutut atau bisa juga anda parut, ambil sari dari kencur dan campurkan dengan air untuk diminum

8. Pemberian extra food

Memberi makanan extra food yang mengandung protein seperti kroto, serangga, jangkrik dan ulat hongkong.

Anda bisa memberi extra food sekali dalam seminggu, supaya burung perkutut mendapatkan multivitamin atau supplement

Cara Merawat Burung Perkutut Mabung

1. Memberi pakan

Burung perkutut yang sedang mabung harus diberikan gizi dan nutrisi supaya tubuhnya kembali baik. Jika anda memberi makannya telat maka itu akan membuat burung perkutut kelaparan dan juga tersiksa.

2. Jangan memegang burung perkutut

Burung perkutut mempunyai sifat yang sangat sensitive maka dari itu jika burung perkutut sedang dalam keadaan mabung jangan terlalu sering anda pegang

4. Penjemuran burung perkutut

Waktu penjemuran hanya 3 hari sekali saja sampai proses mabbungnya selesai dan jangan terlalu lama dijemurnya hanya 30 menit sampai 1 jam saja

5. Tidak dimandikan

Lebih baik burung yang sedang mabung tidak perlu dimandikan seperti yang saya bilang di atas cukup dijemur saja dan jangan terlalu lama

6. Memeberi ketan hitam dan beras merah

Memberi beras merah 3-5 butir bermanfaat untuk tubuh dari burung perkutut supaya selalu hangat dan dalam memberi ketan hitam jangan lah terlalu banyak itu bisa menyebabkan proses dari mabungnya menjadi lama.

7. Lokasi tenang

Supaya proses mabungnya cepat kelar maka anda harus menyimpannya di tempat yang jauh dari keramaian dan peganggu, karena jika disimpan ditempat yang ramai itu bisa membuat dia stres

Cara Merawat Burung Perkutut Dimusim Hujan

Seperti yang kita ketahui bersama diindonesi mempunyai 2 musim yaitu panas dan hujan, nah pasti anda tidak mau kan burung peliharaan anda agar tidak mudah sakit saat musim hujan tiba dan bagaimana cara merawatnya.

Nah ini saya beri cara merawat burung perkutut dimusim hujan.

1. Penjemuran burung perkutut

Hal ini sangat diwajibkan untuk anda lakukan supaya burung perkutut merasa hangat anda bisa menjemurnya dikala cuaca sedang panas dan tidak terlalu lama juga tidak apa-apa asalkan setiap hari selalu dijemur

2. Memandikan Burung perkutut

Dalam memandikan burung perkutut saat musim hujan tidak perlu dimandikan setiap hari hanya 2 kali seminggu saja supaya burung perkutut tidak kedinginan.

Nah jadi walaupun sedang musim hujan burung perkutut pun harus dimandikan agar tubuhnya tidak terlalu kotor dan menjadi sarang kutu.

3. Membersihkan kandang

Membersihkan kandang burung perkutut agar tidak adanya kotoran yang numpuk dan menjadi bakteri.

Dan bila kandang yang terbuat dari kayu terkena air hujan itu bisa membuat kandangnya jamuran.

Baca Juga : Cara Merawat Burung Kacer

4. Burung perkutut simpan diruangan hangat

Agar burung perkutut tidak kedingan maka anda harus menggantungkannya di tempat yang hangat dan mempunyai ventilasi udara yang bagus supaya burung perkutut bisa bernapas dengan baik

5. Burung perkutut diberi minyak ikan

Memberi minyak ikan ke burung perkutut dengan cara langsung ke paruh dari burung perkutut atau dicampur air minum terlebih dahulu.

Minyak ikan bermanfaat untuk membantu menambah energi fisik dari burung perkutut dimusim hujan

6. Memberi vitamin

Vitamin burung ini fungsinya agar burung perkutut terhindar dari bakteri dan virus.

Memberi vitamin ini setelah anda memebrinya makanan-makanan yang bergizi untuk kehangatan tubuhnya.

7. Memberi ramuan tradisional

Ramuan tradisional yang dimaksud adalah bawang merah. Selain bawang merah digunakan untuk memasak namun disini bawang merah juga bisa dibuat ramuan untuk burung perkutut.

Caranya bawang merah yang sudah dipotong ambil bagian dalamnya, lalu potong kecil-kecil sampai seperti voer setelah itu diberikan kepada burung perkutut.

8. Kandang burung perkutut diberi lampu

Ini bertujuan untuk membantu burung perkutut supaya selalu hangat, anda juga perlu memakai lampu yang warnanya kuning karena itu bisa lebih hangat disbanding lampu yang warna putih.

Demikian pembahasan yang saya buat tentang cara merawat burung perkutut. Semoga bisa membantu anda dalam cara merawatnya ya. terimakasih

Tinggalkan komentar