Suka kuliner dan penghobi burung

Cara Menjodohkan Lovebird

Lovebird sangatlah populer di Indonesia dan juga banyak penggemar yang menyukainya karena lovebird mempunyai warna bulu yang sangat cantik dan tidak hanya itu saja lovebird juga mempunyai harga yang cukup mahal.

Namun walaupun harganya cukup mahal tidak membuat burung kicau jenis ini peminatnya menurun. Kebanyakan orang tidak hanya sekedar memeliharanya saja.

Burung lovebird juga biasa di ternakkan karena bisa menghasilkan pundi-pundi uang yang bisa membantu perekonomian.

Untuk menternakpun tidak terlalu sulit hanya saja anda harus mengetahui caranya terlebih dahulu cara ternak dengan benar, jadi nanti bila anda menternaknya anda tidak bingung apa yang harus dilakukan pada pertama kali.

Untuk memelihara burung lovebird ini juga sangat mudah begitupun untuk ternaknya. Karena lovebird mudah beradaptasi di wilayah manapun. Anda juga tidak perlu mengeluarkan modal yang mahal untuk memelihara burung satu ini.

Cara Menjodohkan Lovebird Agar Cepat Jodoh

Cara Menjodohkan Lovebird Agar Cepat Jodoh

Untuk menjodohkan lovebird ini cukup sulit bila anda belum terbiasa, namun sebelum anda menjodohkan lovebird terlebih dahulu anda harus mengetahui jenis kelamin dari burung lovebird yang akan dijodohkan.

Jadi jangan sampai anda menjodohkan dengan jenis kelamin yang sama. Nah untuk cara menjodohkan burung lovebird agar cepat seperti dibawah ini.

Baca juga : Cara Merawat Burung Lovebird biar Konslet

1. Mengetahui musim kawin burung lovebird

Sebelum menjodohkan lovebird anda harus tahu dulu kapan musim kawin dari burung lovebird tersebut karena setiap lovebird mempunyai musim kawin yang berbeda-beda.

Biasanya jenis lovebird Peach-Faced musim kawinnya pada bulan April, Oktober, Februari sampai Maret.

Sedangkan untuk jenis lovebird Fiscer perkembangbiaknya pada saat musim kemarau yakni bulan Januari sampai Juli.

2. Mengenal ciri-ciri burung lovebird yang sudah siap kawin

Biasanya burung lovebird yang sudah siap kawin akan memberi tanda kepada anda ketika lovebird sedang jatuh cintan dan ingin dijodohkan dengan betina tersebut.

Dan supaya lebih jelas berikut ciri-ciri lovebird yang sudah siap kawin.

  • Burung lovebird betina selalu sudah siap kawin dan untuk pejantan dia selalu ada dibelakang jenis betina
  • Lovebird yang lagi jatuh cinta biasanya dia tidak ingin berjauhan dengan betina walaupun kandangnya berbeda
  • Lovebird jantan dan betina akan mengeluarkan suara kicauan atau ngekek dengan berganti-gantian seperti layaknya seseorang sedang mengobrol untuk menarik perhatian dari burung tersebut
  • Burung lovebird jantan biasanya ingin terlihat seperti pahlawan dengan menyuapi makanan kepada burung betina

3. Mengetahui burung jantan dan betina

Banyak para peternak yang gagal dalam melakukan perjodohan ini karena tidak tahu jenis kelamin dari burung yang mereka jodohkan. Jadi untuk anda yang masih bingung cara membedakan betina dan jantan ini saya beri tipsnya.

  • Perhatikan bentuk ujung ekor

Biasanya ekor yang ada pada jantan bentuk dari ujung ekornya lancip sedangkan pada betina bentuknya mengembang dan tumpul juga lebih lebar dari jantan.

  • Perhatikan bentuk ujung sayap

Untuk jenis jantan mempunyai ujung sayap yang menyilang, dan untuk betina mempunyai bentuk ujung sayap yang terbuka atau tidak menyilang seperti jantan.

4. Proses menjodohkan burung lovebird

Banyak sebagian orang yang memakai cara perjodohan koloni atau seleksi alam dengan menggunakan kandang yang besar dan diisi dengan banyak burung lovebird.

Cara ini cocok untuk para pemula karena dengan melakukan cara ini sangat gampang.

Dan untuk cara lainnya dengan menggunakan poligami, cara ini biasa digunakan oleh peternak yang mempunyai banyak jenis burung lovebird.

Anda bisa memasukkan 2 atau 3 burung betina kedalam kandang yang juga sudah ada 1 pejantan didalamnya.

Cara Menjodohkan Burung Lovebird Agar Cepat Kawin dan Bertelur

 

Cara Menjodohkan Burung Lovebird Beda Warna

Seperti yang kita tahu burung lovebird dikenal juga sebagai burung cinta karena lovebird selalu ingin berdekatan dengan pasangannya tidak mau jauh-jauh.

Namun lovebird juga bisa mempunyai jodoh dengan jenis kelamin yang sama. Dan untuk menghindari kejadian tersebut anda bisa mengikuri cara menjodohkan burung lovebird agar cepat jodoh sebagai berikut.

1. Menjodohkan burung lovebird secara koloni

Bila anda akan melakukan perjodohan ini anda memerlukan tempat atau kandang yang besar.

Dalam melakukan perjodohan ini anda bisa mendatan keuntungan yaitu tidak usah capek-capek untuk turun tangan dalam menangani perjodohan ini karena lovebird nantinya akan memilih pasangan dengan sendirinya.

2. Menjodohkan secara berpasangan

Cara menjodohkan berpasangan ini berbeda dengan yang sebelumnya disini anda akan menentukan pasangan dari lovebird.

Untuk cara ini berbeda karena lovebird harus melakukan PDKT terlebih dahulu sebelum memastikan perjodohannya.

Jika keduanya sudah merasa cocok maka dia akan memberi tanda sering mendekatkan dirinya ke kandang pasangannya.

3. Pastikan kedua burung lovebird sudah matang birahinya

Sebelum anda meyatukan kandangnya anda harus mengkawinkan kedua burung lovebird yang sudah mempunyai tanda-tanda seperti  burung betina yang sering membentangkan sayapnya dan pejantan yang sering terlihat ingin meloloh burung betina dan sering berkicau.

Dan bila keduanya atau hanya salah satu yang sudah siap kawin jangan menyatukan lovebird keduanya karena itu akan menyebabkan mereka bertarung.

4. Persiapan kandang

Kandang yang akan digunakan harus besar dan luas karena lovebird ini menjadi salah satu burung yang sangat aktif.

Nah anda juga perlu menyiapkan ranting untuk nanti bila lovebird betina akan bertelur dia mengumpulkan ranting-ranting yang anda siapkan tadi untuk dibuat sarang olehnya.

Cara Menjodohkan Burung Lovebird Beda Warna

 

Burung lovebird memang mempunyai banyak sekali warna itu disebabkan oleh hasil perkawinan silang antara 2 burung lovebird yang mempunyai warna yang berbeda.

Dan untuk cara menjodohkan burung lovebird beda warna ini yaitu:

1. Memilih burung lovebird yang berusia matang

Anda harus menggunakan lovebird ayng usianya sudah dewasa yaitu yang umurnya 9 bulan. Tapi untuk usia yang idealnya dikawinkan adalah yang umurnya 10 bulan sampai 12 bulan.

Dan juga lebih baik cara menjodohkan burung lovebird beda umur seperti lebih tua dari burung jantan.

2. Memilih warna lovebird

Pilihlah burung lovebird betina dan jantan yang berkualitas dan mempunyai warna berbeda. Seperti burung lovebird lutino jantan dan lovebird mangsi atau bisa juga lovebird pastel putih dan lovebird dakocan.

Karena biasanya beberapa telur yang nantinya dihasilkan oleh lovebird tersebut anakan lovebird akan mempunyai warna bulu yang berbeda juga.

3. Membuat lovebird birahi

Burung lovebird yang belum birahi itu akan susah dijodohkannya, maka dari itu anda perlu memberikan makanan tambahan atau extra fooding seperti kecambah, biji bunga matahari atau kengkung yang di potong-potng dalam waktu 3 hari sebelum dia dijodohkan.

4. Mengawinkan burung lovebird

Jika anda sudah melalukan langkah diatas tersebut anda bisa langsung menjodohkan burung lovebird dengan cara berikut ini.

  • Menjodohkan burung lovebird beda warna secara berkelompok

Cara ini cukup gampang karena anda tidak perlu repot-repot membuat burung lovebird birahi dan memilih pasangannya.

Caranya masukkan burung lovebird kedalam kandang yang suda ada beberapa kelompok burung lovebird, setelah itu burung lovebird akan mencari pasangan yang dia inginkan dengan sendirinya

  • Mengawinkan satu lawan Satu

Mengawinkan 1 burung lovebird betina dan jantan, untuk tahap awal perkenalkan dulu kedua burung lovebird tersebut dengan dekatkan kandang keduanya selama setengah hari atau 1 hari.

Jika mereka sudah dekat anda bisa langsung menyatukan kandangnya supaya mereka kawin.

Baca Juga : Cara Merawat Burung Lovebird Paud

Cara Menjodohkan Burung Lovebird dengan Parkit

Walaupun burung lovebird dan parkit ini berbeda spesies mereka tetap bisa dijodohkan.

Namun memang jarang ada yang berhasil dalam perjodohan lovebird dengan parkit. Jenis parkit jantan mempunyai postur tubuh yang besar dengan mempunyai corak bulu yang warnanya hijau dengan kombinasi kuning.

Sedangkan lovebird betina dari jenis hijau standar dan mempunyai kemampuan ngekek panjang. Dan ini dia proses cara perkawinan silan burung lovebird dan parkit.

  • Burung lovebird dan paskit ini baru bisa dijodohkan jika kedua burung tersebut birahinya sudah naik dengan umur yang lebih dari 1 tahun.
  • Selama menunggu sampai birahinya naik burung lovebird dan parkit bisa disatukan dalam kandang koloni dari usianya yang masih muda
  • Nantinya kelamaan parkit jantan akan mencari burung lovebird betina yang disukai olehnya. Lalu burung lovebird dan parkit akan terlihat sering berduaan dan berkicau bergantian
  • Jika sudah begitu itu tandanya mereka sudah berjodoh dan anda bisa memindahkan burung lovebird dan parkit ke kandang breeding yang sudah disiapkan dengan dilengkapi kotak sarangnya

Demikian pembahasan tentang cara menjodohkan burung lovebird ini semoga bisa membantu anda jika ingin melakukan proses perjodohan burung lovebird.

Tinggalkan komentar