Cara Melatih Burung Lovebird

Sekarang ini memelihara burung memang menjadi hobi tersendiri bagi setiap orang, salah satunya yaitu memelihara burung lovebird. Pasti anda sudah tidak asing lagi dengan burung satu ini bukan. Burung lovebird ini ada banyak sekali jenisnya walaupun sebenarnya spesies ini hanya ada 9 jenis dan semakin banyak karena adanya mutasi atau persilangan antara lovebird ini.

Lovebird sangat dikenal karena warnanya yang cantik dan kicauannya merdu, tidak hanya itu saja jenis ini juga dikenal sangat setia pada pasangannya, kalau kata anak jaman sekarang tidak playboy. Burung lovebird yang berasal dari Afrika ini mampu beradaptasi di semua iklim termasuk di Indonesia sendiri.

Karena itu di Indonesia burung ini sudah sangat populer, dan banyak juga orang yang memeliharanya saat ini. Burung ini mempunyai warna yang sangat cantik dan bentuk dari tubuhnya yang lucu juga suara yang merdu. Sehingga dapat memikat hati para pecinta burung karena dari keunikannya itu.

Bentuk dari burung lovebird juga hampir sama dengan burung bayan, cuman lovebird mempunyai tubuh yang mungil. Burung lovebird pertama kali dibudidayakan di Negara Eropa, dan sampai saat ini tempat pembiakannya pun meluas ke kota juga daerah.

Cara Melatih Burung Lovebird Ngekek Panjang

Cara Melatih Burung Lovebird Ngekek Panjang

Para pecinta burung pasti ingin mempunyai lovebird yang suara ngekeknya panjang. Cara melatih burung lovebird pun bisa dibilang susah-susah gampang, ada banyak cara yang bisa anda lakukan supaya burung lovebird mempunyai kualitas yang kicauannya bagus. Beberapa cara melatih burung lovebird biar ngekek panjang.

  1. Memandikan burung lovebird

Sama dengan merawat burung yang lain, burung lovebird juga perlu dimandikan agar bulunya terlihat bersih, untuk kesehatan lovebird dan juga agar lovebird mempunyai ngekek yang panjang.

  1. Penjemuran

Setelah dijemur burung lovebird harus dijemur dibawah terik sinar matahari namun dalam menjemurnya jangan terlalu lama agar lovebird tidak merasa kepanasan. Anda bisa menjemurnya dengan kira-kira 25 hingga 45 menit. Lakukan penjemuran ini pada setiap pagi hari dengan rutin.

  1. Pemasteran

Masteran yakni sebagai pembentuk karakter dari burung lovebird, jadi sebaiknya supaya lovebird gampang untuk dimasterkan pilihlah lovebird yang masih anakan. Pemasteran ini bisa anda lakukan pada sore hari dengan waktu beberapa jam.

  1. Kerodong

Jika hari sudah malam maka berikan lovebird istirahat dengan kerodong kandang bruung lovebird. Agar keesokan harinya dia merasa lebih fit lagi setelah berlatih seharian.

Baca Juga : Cara Merawat Burung Lovebird Paud

Cara Melatih Burung Lovebird Agar Bisa Atraksi

Cara Melatih Burung Lovebird Agar Bisa Atraksi

Supaya bruung lovebird bisa melakukan atraksi anda harus melatihnya dengan sabar dan bahkan saat dia baru menetas pun harus mendapat perhatian dari pemiliknya. Salah satu contohnya dengan memberi makan menggunakan tangan anda langsung.

Dan inilah cara melatih burung lovebird agar bisa atraksi seperti:

  1. Melatih diluar kandang

Jika burung lovebird terbiasa hidup dalam kandang koloni maka untuk melatih lovebird dalam kandangnya ini tidak tepat. Karena akan susah untuk anda jika melatihnya dalam kandang lovebird.

Maka dari iru lovebird harus dilatih diluar kandangnya, anda bisa memakai tenggeran untuk burung lovebird. Dan dalam melatihnya supaya lovebird teteap focus saat dilatih anda harus menjauhkan benda yang bisa menarik perhatian dari burung lovebird ini seperti makanan dan minuman.

  1. Mengenalkan burung lovebird dengan clicker

Clicker adalah alat yang bila anda tekan dia akan mengeluarkan suara klik dengan kencang dan berisik. Clicker ini hanya untuk menandai gerakan lovebird saja. Bila anda rutin melakukan ini maka burung lovebird akan belajar jika mendengar suara klik tandanya dia akan mendapat makan.

  1. Melatih lovebird dengan tongkat atau sumpit

Tongkat, pensil dan sumpit bisa anda gunakan untuk melatih burung lovebird, dalam latihan ini anda akan ajarkan burung lovebird supaya menghampiri alat yang anda gunakan tersebut.

Latihan ini bisa anda lakukan dengan dekatkan stik yang anda gunakan pada burung lovebird, pasti dia akan penasaran dan menggigit stik yang anda gunakan tersebut. Lakukan cara ini ini dengan berulang-ulang supaya burung mengerti kenapa anda mengangkat-angkat stik.

Cara Melatih Burung Lovebird Agar Fighter

Cara Melatih Burung Lovebird Agar Fighter

Walaupun burung lovebird bukan burung petarung namun burung lovebird ini juga bisa dijadikan fighter. Tapi untuk membuat lovebird menjadi burung fighter perlu memiliki birahi yang cukup. Dan untuk cara melatih burung lovebird agar fighter sebagai berikut.

  • Berlatih dengan burung yang sudah bermental baja

Cara melatih burung lovebird dengan melakukan cara ditrek dengan burung sejenisnya yang mempunyai mental baja ini adalah metode latihan yang bisa menguatkan mental bertarungnya. Burung lovebird akan terbiasa melihat jenis burung lain yang ada disekitarnya.

  • Pahami karakter dan mood burung

Setiap burung lovebird mempunyai karakter yang berbeda-beda jadi anda pasti sudah tahu bagaimana karakter dari lovebird yang anda pelihara bukan? Jika anda belum mengetahui karakternya maka anda harus terlebih dahulu tahu bagaimana karakter dari burung lovebird tersebut.

  • Mengajak burung lovebird jalan-jalan

Bila anda sering mengajak lovebird berjalan-jalan mau itu dirumah saja atau sekitar lingkungan daerah anda maka itu bisa menunmbuhkan naluri burung lovebird untuk tetap berjaga diri. Dengan itu mentalnya akan terasah dan menjadi fighter sehingga siap untuk dilombakan.

Cara Melatih Burung Lovebrid Agar Bisa Free Fly

Cara Melatih Burung Lovebrid Agar Bisa Free Fly

Burung lovebird yang bisa free flight mempunyai ikatan batin yang kuat antara bruung lovebird dengan pemiliknya. Namun ada resiko jika anda mempunyai burungjenis ini yaitu burung kabur karena kurang dilatih oleh anda.

Free fly sendiri artinya adalah terbang bebas, skill terbang bebas dan akan kembali lagi kepada pemiliknya disebut dengan free flight. Dan cara melatih burung lovebird ff ini adalah:

  1. FOF (Feed On Fist)

FOF atau memberi makanan pada burung lovebird anakan diatas tangan dengan menggunakan glove atau sarung tangan sambil anda meniup peluit dan sambil meloloh anakan tersebut. FOF ini bertujuan untuk merespon burung lovebird panggilan dengan peluit dan sarung tangan yang anda gunakan.

  1. Manning

Manning  dilakukan dengan memberi sentuhan halus denganberulang-ulang dan anda habiskan waktu bersama dengan burung lovebird sambil kenalkan lingkungan disekitarnya.

  1. WTTF (Walk To Trainer First)

Dalam melakukan proses ini anda perlu kesabaran karena dalam tahap ini anda melatih memberi makan kepada burung lovebird. Jadi tahap FOF tadi sangat penting dalam cara melatih lovebird ini.

Jika lovebird mau berjalan dan naik diatas tangan anda maka berikan manan sebagai hadiah untuk lovebird. Namun jika lovebird belum mau berjalan maka anda harus melakukan kembali proses manning tersebut.

  1. JTTF (Jump to Trainer Fist)

Pada tahap ini burung lovebird diletakkan pada tangkringan yang lebih tinggi daripada tangan anda jadi lovebird akan melihat glove dan perintah dari anda.

Untuk melakukannya anda bisa ambil langkah kira-kira 15cm saja dan beri perintah dengan gerakan tangan juga tiupan peluit. Bila burung lovebird mau melompat ke tangan anda maka beri hadiah kepadanya.

  1. FTTF (Fly To Trainer Fist)

Dalam proses ini sama dengan tahap JTTF bedanya hanya dari jarak. FTTF ini jaraknya lebih jauh dari JTTF jadi lovebird yang berpindah dari perch ke tangan anda ini tidak dengan lompatan saja namun juga dengan kepakan sayapnya.

Dalam melakukan tahap ini juga anda perlu dengan kesabaran yang lebih karena biasanya lovebird masih suka asal terbangnya tidak langsung ke tangan anda.

  1. Boomerang

Jika proses FTTF tadi sudah bisa dan juga siap untuk melalukan latihan diluar ruangan anda bisa mencari area yang luas contohnya sawah. Letakkan burung lovebird di pecrh dan biarkan lovebird biasa dengan sekeliling yang baru karena biasanya burung lovebird akan merasa gugup ditempat yang baru.

Setelah itu anda pindahkan ke tangan anda sambil ayun-ayunkan tangan anda agar lovebird terbang , lalu anda memnaggil burung lovebird dengan memberi perintah sama dengan saat proses FTTF yaitu sambil meniupkan peluit. Jika lovebird kembali pada tangan anda maka anda bisa memberi hadiah lagi pada lovebird.

Baca JugaCara Merawat Burung Lovebird Mabung

  1. FF (Free Fly)

Nah tahap ini adalah tahap yang terakhir disini lovebird akan dilepaskan dan biarkan dia terbang bebas, bila anda memberi perintah nantinya burung lovebird akan kembali lagi ke tangan anda. Anda juga perlu perhatikan stamina burung lovebird, jika lovebird sudah seperti kelelahan  dia akan memberi tanda seperti paruh yang terus terbuka dan sayap turun.

Maka anda perlu memberikan istirahat kepada burung lovebird karena jika anda terus memaksakannya lovebird akan lebih milih berhenti di pepohonan daripada ditangan anda.

Cara Melatih Burung Lovebird Paud Biar Ngekek Panjang

Cara Melatih Burung Lovebird Paud Biar Ngekek Panjang

Lovebird paud ialah sebutan untuk burung kicau yang usianya dibawah 6 bulan. Diusia itu lovebird bisa anda rawat supaya selalu keluarkan bungi ngekek dan juga bisa dilatih agar mempunyai mental fighter. Lovebird paud ini masih mempunyai birahi yang belum tetap karena keadaannya yang belum dewasa.

Dan cara melatih buurng lovebird paud biar ngekek panjang ini adalah sebagai berikut.

  1. Indukan juara

Bila anda memilih burung lovebird paud untuk anda latih supaya bisa jadi juara, untuk faktor pertama yaitu genetika dari indukan lovebird. Bila lovebird tersebut adalah turunan dari jawara lomba maka sudah pasti anakan burung lovebird tersebut juga bisa menjadi seperti indukannya.

Dan anda juga perlu memperhatikan apakah indukan lovebird paud mempunyai durasi ngekek yang panjang atau tidak.

  1. Latihan mental

Burung lovebird paud yang umurnya masih dibawah 5 bulan maka harus sering dimandikan, dijemur dan diangin-anginkan. Biasanya diumurnya yang baru menginjak kurang dari 5 bulan lovebird paud sudah mulai berbunyi namun memang tidak sering seperti lovebird yang dewasa.

Tempatkan kandang burung lovebird ditempat yang ramai atau didaerah yang banyak suara dari burung-burung agar dia tidak giras.

  1. Latihan nafas

Setelah burung lovebird di mandikan dan dijemur pada setiap pagi hari, maka anda bisa melatih pernapasan burung lovebird dengan cara letakkan burung lovebird di kandang umbaran. Ini bertujuan supaya burung lovebird bisa melatih fisik nafasnya untuk bisa keluarkan suara ngekek yang panjang.

  1. Batasi jarak pandang dengan burung lovebird lainnya.

Hal ini bertujuan untuk burung lovebird paud agar tidak manja dan hanya akan keluarkan suara saat ada burung yang sejenis saja. Jadi bila anda mempunyai lebih dari satu burung lovebird maka sebaiknya pindahkan atau kerodong burung lovebird terlebih dahulu.

  1. Pemberian makanan tambahan atau Extra Fooding

Memberi makan selain milet bisa berguna untuk merawat burung lovebird paud. Anda bisa menggunakan sayuran contohnya daun bayam atau jagung muda. Untuk menggunakan bahan ini hanya seperlunya saja jangan terlalu sering.

  1. Pemasteran suara

Anda perlu lakukan pemasteran  pada malam hari dengan memakai suara dari mp3 atau lainnya selama 3 sampai 4 jam setiap harinya. Karena syarat yang harus dipenuhi untuk burung lovebird paud lomba ialah sifat fighternya dan juga sesering dia berbunyi harus anda perhatikan jika mempunyai lovebird juara yang belum dewasa.

Demikian artikel ini saya buat tentang cara melatih burung lovebird, semoga ini bisa membantu anda dalam melatih burung lovebird yang anda punya ya.

Tinggalkan komentar