Burung Lovebird Pasvio

Saat ini banyak orang yang memelihara burung dan sering disebut dengan para pecinta burung. Salah satu jenis burung yang banyak dipelihara adalah burung lovebird, nah pasti anda sudah tahu dengan jenis burung satu ini bukan?

Burung lovebird sangat terkenal karena suara kicauannya yang merdu dan juga warna bulunya yang cantik. Maka dari itu banyak orang yang jatuh cinta kepada burung lovebird ini. Lovebird juga mempunyai banyak sekali jenisnya, walaupun sebenarnya hanya ada 9 spesies burung lovebird.

Dan beberapa jenis burung lovebird yaitu lovebird Nyasa, burung lovebird pasvio, burung lovebird pasblue, burung lovebird blorok, burung lovebird lutino dan maish banyak lainnya lagi. Banyaknya jenis burung tersebut karena para peternak yang mengawinkan silang bruung lovebird.

Untuk merawat lovebird sangatlah mudah karena lovebird termasuk burung yang mudah beradaptasi dilingkungan manapun. Jadi untuk anda para pemula lebih baik pelihara burung lovebird ini katanya sih lebih gampang merawatnya.

Burung Lovebird Pasvio

lovebird pasvio

Burung lovebird pasvio atau pastel violet dikenal karena mempunyai warna bulu yang sangat indah, namun untuk menemukan jenis lovebird ini sangat susah itu disebabkan oleh lovebird pasvio susah untuk diternaknya. Jadi sama dengan lovebird blorok yang susah untuk didapatkan keturunannya,

walaupun begitu masih banyak para peternak yang mengembangbiakkan lovebird pasvio sampai mendapatkan hasil yang serupa. Dan ciri-ciri dari lovebird pasvio ini yaitu:

  • Warna bulunya didominasi warna putih dengan gradasi violet muda
  • Kepalanya warna abu-abu atau putih
  • Paruhnya warna orange
  • Punggung sampai sayapnya warna putih violet muda
  • Dan bagian leher, dada sampai ekor warnanya putih diselingi dengan violet

Baca Juga : Burung Lovebird Betina

Perawatan Burung Lovebird Pasvio

Cara merawat jenis burung lovebird pasvio ini sangat mudah hanya saja ada beberapa hal yang harus anda perhatikan agar mendapatkan hasil lovebird yang kesehatannya baik, dan beberapa caranya seperti:

  • Kondisi kandang burung lovebird harus bersih selalu dari kotoran dan juga sisa makanan lovebird supaya lovebird tidak mudah sakit karena banyak kuman dan juga bakteri yang ada pada kandangnya jika kotor.
  • Anda harus memberi makanan lovebird yang mempunyai kualitas yang bagus dan juga anda bisa memberi lovebird pasvio vitamin.
  • Rajin dalam memandikan dan menjemur lovebird pasvio dengan rutin setiap hari agar bulunya terlihat bersih dan terhindar dari kutu.
  • Tempat makanan dan minuman lovebird harus bebas dari jamur dan lumut.

Tips Mencetak Anakan Lovebird Pasvio

Hampir 90% persilangan yang dilakukan untuk mencetak anakan burung lovebird pastel violet ini bisa gagal, karena untuk mendapat anakan jenis ini memang sangat susah. Jadi jika anda ingin mencetak anakan lovebird pasvio anda harus memilih indukan yang mempunyai kualitas yang bagus, baik itu dari segi bentuk gen dan warna bulunya.

Dan rancangan perkawinan silang supaya mendapat anakan lovebird pasvio yaitu dengan mengkawinkan pejantan violet asli dan betina albino atau bisa juga kebalikannya. Nah dalam perkawinan tersebut anda bisa mendapat anakan lovebird pasvio sekitar 25% pastel violet.

Bila anda ingin mempunyai keberhasilan yang persentasenya tinggi maka anda bisa menjadikan indukan Pled Blue murni impor, tapi memang indukan tersebut harganya sangatlah mahal. Karena kunci keberhasilan dari persilangan ini ada pada jenis lovebird violetnya itu sendiri.

Maka dari itu jika anda memakai indukan tersebut dan mendapat hasil anakan yang diinginkan maka bisa membawa keuntungan untuk anda.

Baca Juga : Ciri Umum Burung Lovebird

Harga Lovebird Pasvio

Untuk harga burung lovebird pasvio ini beragam ada yang murah dan ada juga yang mahal. Harga burung lovebird pasvio tahun 2018 kira-kira Rp 700.000 dan harga burung lovebird pasvio tahun 2019 kira-kira Rp 1.300.000.

Nah untuk sekarang harga lovebird pasvio jantan untuk anakan sekitar Rp 2.800.000 dan untuk yang dewasa kira-kira Rp 3.500.000. dan harga lovebird pasvio betina anakan Rp 2.300.000 dan untuk yang dewasa Rp 3.000.000.

Setiap tahun harga lovebird pasvio ini akan berubah-rubah tidak selalu sama karena lovebird pasvio ini susah untuk ditemukan atau langka. dan juga jarang para peternak yang berhasil dalam mencetak burung lovebird pasvio ini.

Demikian artikel ini tentang burung lovebird pasvio semoga bermanfaat untuk anda.

 

Tinggalkan komentar