Suka kuliner dan penghobi burung

Burung Lovebird Pasjo

Memelihara burung memang menjadi salah satu hobi yang bisa melepas lelah dan juga menguntungkan. Karena bisa dijual bila burung tersebut sudah gacor, bagus dan juga ngekeknya panjang.

Atau bisa juga anda ikuti perlombaan kontes burung yang hadiahnya lumayan. Nah salah satunya yaitu burung lovebird, siapa yang tak mengenal burung lovebird yang mempunyai warna dan kicauan yang bisa menarik perhatian orang banyak.

Sifat pasangan dari burung lovebird atau biasa disebut burung cinta ini adalah monogami yaitu hanya memperboleh laki-laki mempunyai satu pasangan istri, maka sudah tak diherankan mengapa burung lovebird ini menjadi burung yang paling setia pada pasangannya.

Burung lovebird biasanya hidup sampai 10 hingga 15 tahun. Dan karna banyaknya jenis dari burung lovebird, disini saya akan membahas tentang salah satu jenisnya yaitu lovebird pasjo atau pastel ijo.

Lovebird Pasjo

Burung lovebird pasjo memiliki kicauan yang kualitasnya bagus maka dari itu burung ini banyak digemari pecinta burung. Lovebird pasjo berciri-ciri warnanya yang dominasi hijau kekuningan balutan warna yang kalem atau tidak mencolok.

Walaupun badannya warna hijau tapi dibagian sayapnya warna putih dan abu-abu muda. Lovebird pasjo ini mempunyai 2 keturunan yaitu pasjo bersih dan pasjo kotor, dan dibawah ini saya akan membahasnya tentang 2 turunan tersebut.

1. Pastel ijo bersih

Pastel ijo bersih

Pastel ijo bersih mempunyai warna hijau bersih kekuningan dibagian tubuhnya dan warna merah dibagian paruhnya. Namun memang harga pasjo bersih ini lebih mahal dibanding pasjo kotor.

Dan pasjo bersih lebih bisa menarik perhatian sebagian orang karena mempunyai bagian keindahan yang menonjol dan tidak hanya menonjolkan kemerduan dari kicauannya saja.

2. Pastel ijo kotor

Pastel ijo kotor

Pastel ijo kotor tidak terlaluh jauh bedanya dengan pastel ijo bersih, pasjo kotor ini memiliki warna hijau kotor dibagian tubuhnya dan warna merah dibagian paruhnya.

Disitulah bedanya antara pasjo bersih dan pasjo kotor, seperti yang sudah saya bilang diatas harganya jauh lebih murah daripada pasjo bersih.

Baca Juga : Burung Lovebird Cobalt

Dan selain itu ada juga lovebird pasjo yang lain diantaranya:

  • Lovebird Pasjo Blorok

Lovebird Pasjo blorok

Motif blorok yang ada pada mutasi pastel berbeda pada motif blorok di mutasi pied. Dan bagia anda para pemula ini wajib berhati-hati ketika melihat lovebird yang mutasinya dari pastel.

Ciri-cirinya yaitu pada bagian punggung sampai sayap memiliki warna yang kombinasi berbeda dan juga kombinasi ini sampai ke perutnya.

Maka dari itu karna warnanya yang acak-acakkan burung lovebird ini ada beragam jenisnya diantaranya lovebird blorok blue series, lovebird blorok green series dan juga beberapa warna yang mirip seperti blorok yaitu warna red suffusion, biola, black checked, euwing, sangle dan slaty.

  • Lovebird Paskun

Lovebird paskun

Lovebird paskun ini agak mirip dengan burung lovebird lutino, paskun sendiri adalah singkatan dari pastel kuning.

Ciri-cirinya adalah warna dari bulunya berwarna kuning kombinasi kehijauan, bagian kepalanya warna orange, paruhnya warna merah, tubuh hingga sayapnya warna pastel kuning, ujung pada sayapnya berwarna putih dan dibagian ekornya warna kuning atau hijau muda.

Lovebird paskun ini juga terdapat 2 jenis yaitu :

1. Paskun bersih

Paskun bersih

Sama dengan namanya paskun ini bulunya nampak rapi dengan warna kuning cerah dan tidak adanya warna bentol hingga dia nampak halus.

Dan ada juga warna lainnya yaitu hijau, orange dan kuning. Namun harganya sangatlah mahal daripada jenis yang lainnya.

2. Paskun kotor

Paskun kotor

Paskun kotor bulunya terlihat seperti acak-acakkan, bagian pada badannya berwarna kuning kotor, warna kehijauan yang terlihat kotor pada bagian sisinya, dan sekitar punggungnya seperti bintik-bintik yang terlihat kontras dengan warna satu dan lainnya. Dan harga dari lovebird pakun kotor ini sangat terjangkau.

  • Lovebird josan

Lovebird josan ini mempunyai ciri khusus yaitu warna hijau pekat, paruhnya warna orange, dibagian leher warnanya sedikit abu-abu.

Lovebird josan ini sangat mudah dalam perjodohannya karena dia tidak memilih dalam hal pasangannya.

Walaupun jenis josan ini dibilang burung lovebird standar tatapi perawatan josan ini sering menjuarai kontes nasional loh.

Baca Juga : Burung Lovebird Biola

Cara Merawat Lovebird Pasjo

Dalam merawat lovebird pasjo sama saja dengan jenis lovebird lainnya tidak ada bedanya maka dari itu dalam merawat lovebird ini sangat mudah seperti:

  • Setiap hari harus membersihkan kandangnya agar lovebird tidak mudah sakit
  • Membersihkan tempat makan dan minumnya
  • Memeberi makanan yang bermacam-macam seperti biji-bijian, pelet dan lainnya
  • Memandikan lovebird pada jam 7 pagi secara rutin dengan cara menyemprotkan air kebadan burung lovebird
  • Setelah mandi maka jemur lovebird pada pagi hari sekitar jam 8 sampai 10 pagi dan sore hari pada jam 3 sampai 5 sore

Harga Lovebird Pasjo (pastel ijo)

Harga lovebird memang beragam dan sama halnya dengan lovebird pasjo ini. Harga ini pun akan berubah bisa menjadi turun harga atau bahkan naik harga itu semua tergantung dari seberapa peminat yang mencari burung tersebut dan kualitas lovebird pasjo.

Jenis Burung

Harga

Pasjo Kotor BetinaRp 250.000 – Rp 400.000
Pasjo Bersih BetinaRp 300.000 – Rp 550.000
Pastel Ijo Bersih JantanRp 400.000 – Rp 650.000
Pastel Ijo Kotor JantanRp 300.000

Demikian pembahasan tentang lovebird pasjo ini semoga bisa menambah wawasan bagi anda pemula dan bermanfaat bagi anda yang membaca artikel ini.

Tinggalkan komentar