Suka kuliner dan penghobi burung

Burung Lovebird Parblue

Burung lovebird pasti anda sudah tidak asing lagi dengan burung satu ini kan. Burung ini juga sering disebut dengan burung cinta yang asalnya dari Afrika. Nah saat ini saya akan membahas tentang lovebird parblue.

Mungkin anda belum tahu apa yang dimaksud dengan parblue, parblue adalah mutasi blue yang secara keseluruhannya tidak meniadakan Psittacine sehingga masih adanya warna kuning di bulu parblue.

Dan warna green yang ada masih nampak juga pada parblue.

Namun memang populasi dari lovebird parblue ini belum terllau banyak karena harganya yang mahal juga susahnya menyetak lovebird parblue ini dalam keturunannya.

Lovebird Parblue

Seperti yang kita tahu burung lovebird ada beragam jenisnya dan salah satunya yaitu lovebird parblue.

Burung lovebird parblue atau singkatan dari ‘partial dan blue’ ini termasuk kedalam golongan yellow face yang mempunyai warna biru kekuningan dan biru keputihan.

Dan jenis dari lovebird parblue ini juga ada beberapa macam diantaranya.

1. Lovebird Parblue Perso (Personatus Parblue)

Lovebird Parblue Perso

Ciri dari lovebird parblue perso ini leher warnanya kuning kecerahan dan kuning keputihan dan kepala hingga badannya warna hitam.

Namun saat ini burung lovebird parblue perso sulit untuk kita temukan karena langka dan membuat harganya menjadi sangat mahal.

2. Lovebird Parblue Ficheri

Lovebird Parblue Ficheri

Lovebird parblue ficheri pada bagian tubuhnya mempunyai warnanya bergantung pada jenis dari burung parblue ficheri ini, dan dibagian kepalanya berwarna kuning cerah.

Baca juga : Burung Lovebird Violet

Dan dibawah ini jenis-jenis warna dari lovebird parblue ficheri :

  • Parblue Standar Hijau

Parblue Standar Hijau

Sesuai dengan namanya bagian tubuhnya berwarna hijau dan itu menjadi ciri khusus yang dimiliki olehnya. Lovebird parblue ini dibudidayakan oleh Felix De Valle pada tahun 2001.

Harganya memang agak mahal kira-kira Rp 4 juta untuk yang masih anakan dan Rp 7 juta atau lebih untuk yang sudah dewasa tergantung dari warnanya, bila semakin bagus warna dari burung lovebird ini maka akan semakin mahal pula harganya.

  • Parblue Blorok atau Parblue Pied

Parblue Blorok

Jenis ini menjadi salah satu lovebird yang penggemarnya banyak karena mempunyai warna yang unik seperti badan yang warnanya blorok dan kepala warnanya kuning cerah.

  • Parblue Sable Head

Parblue Sable Head

Parblue sable head ini mempunyai ciri khas yaitu kepala hingga leher berwarna kuning cerah seakan seperti ngalung. Dan karna itu harganyapun sangat mahal tergantung dari kemampuannya ngekek dan warnanya kira-kira bisa mencapai Rp12 juta.

Walaupun harganya mahal maka itu tidak membuat para pecinta burung putus asa bila ingin memeliharanya.

  • Parblue Standar Pastel

Parblue Standar Pastel

Parblue standar pastel ini hampir sama bentuk tubuhnya dan kemampuan saat berkicaunya dengan parblue standar hijau, hanya warna badannya saja yang berbeda yaitu kuning kebiru-biruan.

Harga untuk burung yang sudah gacor sekitar Rp 6 juta dan untuk anakannya kira-kira Rp 3 juta.

  • Parblue Green

Parblue Green

Parblue green diindonesia biasa disebut dengan parblue biasa warnanya bercorak sedikit kehijauan.

Jadi walaupun warnanya hijau tidak disebut dengan parblue hijau karena nama bruung lovebird berdasarkan genetika yang didalam badannya bukan berdasarkan pelampilannya.

  • Parblue Turquoise

Parblue Turquoise

Bentuk dari parblue turquoise ini sama seperti parblue yang lain ada yang seperti violet, blue, pastel dan mauve. Turquoise ini menjadi salah satu level yang paling tinggi dalam dunia parblue.

Karena kemurnian dari genetikanya maka harga dari lovebird ini paling mahal dari burung lovebird parblue yang lain. Namun saat ini parblue turquoise menjadi sangat langka dan tidak dijual belikan.

  • Lovebird Parblue Paud

Lovebird Parblue Paud

Harga dari burung perblue paud ini lebih rendah dari perblue yang sudah dewasa.

Dalam membeli lovebird parblue memang lebih memberi keuntungan seperti jaminan burung lovebird belum konsumsi obat apapun dan jaminan burung lovebird produksinya belum macet.

  • Lovebird Parblue Violet

Lovebird Parblue Violet

Sama halnya dengan turquoise, violet menjadi salahs atu kelompok autosomal incomplete dominant jadi cukup 1 buah gen violet bisa buat lovebird yang warnanya violet.

Lovebird yang bisa disebut parblue itu bila dalam badannya mengandung 1 buah atau lebih gen turquoise. Nah jadi mutasi tersebut lah yang sebabkan lovebird leher dan paruhnya berwarna orange.

  • Lovebird Parblue Euwing (Fischeri turquoise blue euwing)

Lovebird Parblue Euwing

Lovebird euwing ini membawa 3 buah mutasi yaitu eumelanin wing (euwing) yang artinya kandungan melanin yang ada di sayap lebih tinggi sedangkan punggung juga dadanya mengalami proses melanin (dilute) hingga di punggungnya seperti membentuk huruf V dan bagian dadanya warna melanin kira-kira 80% yang diakibatkan oleh dilute jadi warnanya jauh lebih terang.

Biasanya orang yang memutasi lovebird  untuk menghasilkan anakan dari lovebird jenis ini caranya mengawinkan Euwing Carier (pembawa mutasi euwing) dengan Turquoise Blue Carier (pembawa mutasi parblue).

Tips Perawatan Lovebird Parblue Untuk Lomba

Dalam merawa lovebird parblue ini tidak terlalu sulit bila anda sudah paham tentang merawatnya. Untuk lovebird yang akan dilombakan juga mudah seperti dibawah ini.

  • Lovebird parblue sangat menyukai suhu yang panas nah jadi pada jam 7 pagi keluarkan lovebird dari rumah anda lalu mandikan.
  • Setelah mandi parblue dijemur kira-kira 2 jam penjemurannya.
  • Setelah mandi dan dijemur perblue langsung dikerodong atau ditutup dengan kain atau semacamnya, tujuannya agar dia mendapat suhu yang hangat.
  • Beri makanan yaitu milet putih saja.
  • Anda bisa memberi suplemen multivitamin dari produk Ebod Jaya yakni Ebod Vit. Ebod Vit ini cocok untuk kebutuhan vitaminnya, dan tidak hanya itu Ebod Vit juga bisa mengatasi stres, membuat burung gacor, menambah stamina burung, dan menambah nafsu makannya. Biasanya diberikan 3 sampai 5 tetes saja dan dicampurkan kedalam air minum.
  • Setingan lombanya anda bisa memberi extra fooding yakni jagung manis yang diberikan pada hari H atau hari dimana pelombaan akan dilaksanakan.
  • Bila ingin dilombakan maka anda harus selalu menjaga suhu hangatnya akrena jika terkena suhu dingin maka parblue akan mengalami over birahi.

Baca Juga : Burung Lovebird Biola

Cara Menghasilkan Lovebird Parblue

Cara yang snagat mudah untuk mendapat hasil lovebird parblue ini yaitu anda harus mempunyai indukan parblue dari salah satu jenis pasangannya boleh jantan atau betina.

seperti ini misalnya anda mempunyai sepasang jenis lovebird betina yang warnanya parblue dan lovebird jantan warnanya biru mangsi nah jadi nanti akan menghasilkan anakan dominan parblue dan biru mangsi.

Namun bila anda ingin mendapat hasil anakan parblue personata maka anda harus mengkawin silangkan jenis lovebird batman dan lovebird parblue.

Harga Lovebird Parblue

Seperti yang kita tahu harga dari lovebird beragam mulai dari ratusan ribu bahkan sampai jutaan. Nah ini dia harga dari lovebird parblue diantaranya :

Jenis BurungPaudDewasa
Parblue EuwingRp 800.000Rp 1.000.000
Biola Parblue Euwing VioletRp 3.500.000Rp 4.000.000
Parblue CreaminoRp 600.000Rp 700.000
Parblue Euwing VioletRp 1.600.000Rp 2.000.000
Biola Parblue EuwingRp 2.500.000Rp 3.000.000
Parblue VioletRp 800.000Rp 1.000.000
Parblue MauveRp 600.000Rp 700.000
Biola Parblue JantanRp 1.600.000Rp 2.000.000
Parblue BlorokRp 450.000Rp 500.000
Parblue PastelRp 450.000Rp 500.000
PB Dark BlueRp 500.000Rp 600.000
PB BlueRp 500.000Rp 600.000

Nah selesai lah sudah pembahasan tentang lovebird parblue ini semoga bermanfaat untuk anda dan terimakasih sudah membaca artikel ini.

Tinggalkan komentar