Burung Lovebird Nyasa

Dan kali ini saya akan membahas tentang burung lovebird kacamata nyasa. Anda pasti sudah tidak asing lagi kan dengan burung satu ini. lovebird kacamata nyasa ini adalah hasil dari mutasi dari lovebird biru dan lovebird lutino.

Burung yang mempunyai nama ilmiah Agapornis Liliana atau biasa disebut Lilianaa Nyasa ini diambil dari nama Miss Lilian Sclater yaitu saudara perempuan WL Sclater dia adalah ahli oritologi yang terkenal. Dan diberi nama itu untuk menunjukkan dukungan ke Miss Lilian Sclater.

Lovebird kacamata nyasa berhabitat didaerah Tanzania Selatan bagian barat laut Mozambique, bagian tenggara Zambia, Zimbabwe Utara dan Malawi.

Bila dialam liar lovebird nyasa ini senang berada di pepohonan Mopane atau daerah sungai dan juga tepi danau. Jenis ini juga hidup secara berkelompok maka dari itu lovebird nyasa termasuk mudah dalam memeliharanya.

Lovebird Nyasa

Ciri Lovebird Nyasa

Burung lovebird nyasa berasal dari daerah yang iklimnya panas maka dia punya kebiasaan mandi untuk menyegarkan dirinya. Dan jenis ini mempunyai panjang kira-kira 12 hingga 13 cm dan berat 28 hinggs 37 gram.

Ciri dari burung ini yaitu warnanya hijau, pada bagian kepala hingga leher warna merah muda, bagian diluar mata yang berbentuk lingkaran warnanya putih, ekor warnanya hijau, kaki warnanya abu-abu kehitaman dan paruh yang warnanya merah tua.

Baca Juga : Burung Lovebird Batman

Namun ciri dari lovebird nyasa anakkan dengan yang dewasa itu berbeda seperti dibawah ini.

Ciri dari nyasa anakan atau muda:

  • Ujung paruhnya ada bercak kecil yang warnanya hitam
  • Dan pada bagian pipinya warnanya kehitaman

Ciri lovebird nyasa dewasa :

  • Warna bulunya berdominan hijau juga kekuningan dibagian bawahnya
  • Ekor berwarna hijau
  • Kakinya warna abu-abu kecoklatan
  • Dahi hingga tenggorokannya warna oranye
  • Pada bagian mahkota, pipi, lorus dan atas dada berwarna merah muda kekuningan
  • Iris yang warnanya kecoklatan seperti ke merah tua
  • Lingkar pada matanya warna putih
  • Dan paruhnya yang warnanya merah tua

Penyebaran Lovebird Nyasa

Penyebaran Lovebird Nyasa

Sebagian besar lovebird nyasa tersebar di tengah lembah Zambezi, puncak danau Kariba sekitar Timur Binga provinsi kepala Mozambik, dibagian selatan dan utara sabuk Zambezi dengan dibawah ketinggian 1.000 meter.

Pada beberapa tempat populasi dari jenis ini banyak, namun secara seluruhnya populasi di alamnya menurun karena habitatnya sudah tidak ada lagi seperti di lembah danau kariba salah satunya. Di Northeast Zambia, bagian utara lembah de Luangwa yang kelihatannya terpencil dari Lembah Zambezi.

Dan juga di Malawi populasinya terpencil yaitu di hutan Mopane yang berada diwilayah danau Malombe, pada bagian selatan danau Malawi.

Perbedaan Lovebird Nyasa dan Lovebird Fischeri

Banyak orang yang sering tertukar antara lovebird nyasa dan lovebird fischeri ini, dan untuk membedakannya anda perlu ketelitian. Perbedaanya bisa dilihat dari bagian seperti:

  • Lovebird nyasa dan fischeri sama-sama mempunyai lingkar yang berwarna putih di bagian matanya yang mengelilingi maka dari itu karena adanya lingkaran tersebut maka diberi nama kacamata karena seperti kacamata pada umumnya.
  • Mata dari kacamata nyasa biasa disebut dengan mata air. Dibagian tengah matanya berwarna hitam dengan iris matanya berwarna kuning kecoklatan sehingga jika dilihat dari samping seperti air mata. Jadi karena itu burung lovebird kacamata nyasa ini disebut dengan lovebird mata air.
  • Paruh dari lovebird nyasa pada seri warna hijau berwarna merah dengan ujung paruhnya yang warnanya pink keputihan dan bila pada lovebird fischeri paruhnya berwarna merah polos.
  • Bulur rump lovebird nyasa warnanya polos atau tidak berwarna. Jika burung lovebird tubuhnya warna hijau maka pada bulu rumpnya pun akan berwarna hijau, dan bila burung lovebird warnanya biru maka pada bulu rumpnya juga berwarna biru.

Makanan lovebird nyasa

Makanan lovebird nyasa ini yaitu beras liar, bunga, biji akasia, biji rumpumput, biji-bijian dan buah-buahan.

Makanan ini diambil dari tanah dan tanaman secara langsung, bila dia ingin minum maka biasanya lovebird nyasa ini tinggalnya didekat dengan sumber air.

Baca Juga : Burung Lovebird Olive

Harga Burung Lovebird Nyasa

Harga di setiap burung memang sangat berbagai macam, mulai dari yang terendah sampai yang tertinggi.

Dan harga dari lovebird nyasa ini tidak terlalu mahal kira-kira hanya Rp 750.000 saja, namun bila lovebird yang kualitasnya sangat bagus maka harganya akan semakin mahal lagi.

Sekian pembahasan tentang lovebird kacamata nyasa ini semoga bermanfaat untuk anda semua.

Tinggalkan komentar