Suka kuliner dan penghobi burung

Burung Lovebird Kacamata Topeng

Seperti yang kita ketahui bahwa burung lovebird ini bermacam-macam jenisnya dan kali ini saya akan membahas tentang lovebird kacamata topeng.  Burung jenins ini sangat dikenal diberbagai dunia dan salah satunya diindonesia.

Lovebird yang berhabitat dipadang rumput dengan pohon yang ada banyak celahnya. Kenapa yang ada banyak celahnya? Itu dikarenakan celah tersebut dipakai untuk menjadi sarang lovebird kacamata topeng ini.

Lovebird kacamata topeng berasal dari timur laut Negara Tanzania ini mulai dikenal pada tahun 1800-an. Jenis ini juga bisa dibilang sangat mudah untuk dikembangbiakkan dan juga cepat hasilnya.

Namun saat ini lovebird kacamata topeng menjadi langka karena sering sekali ada penangkapan liar untuk diperjual belikan. Dan harganya pun tidak terlalu mahal kira-kira Rp 300 ribu.

Lovebird Kacamata Topeng

Lovebird Kacamata Topeng

Burung lovebird kacamata topeng atau dengan nama lain Agapornis Personatus ini mempunyai ciri yang tidak terlalu sulit dikenalnya.

Seperti warnanya yang hijau, bagian dada warnanya kuning lebih nyala dibanding tengkuk, kepala dibagian atasnya warna hitam dan leher melingkar warna kuning.

Panjang dari badannya kira-kira 15cm dan beratnya 43 sampai 47 gram. Untuk makanannya biasanya burung lovebird kerah kuning memakan millet, benih rumput dan sorgum.

Namun ciri lovebird kacamata topeng dewasa dan anakan berbeda yaitu:

Ciri Lovebird Kacamata Topeng Dewasa

  • Lingkar dari matanya berwarna putih
  • Pipi bagian depannya warna hitam kecoklatan
  • Dibagian atas dadanya dan kerah warnanya kuning
  • Badannya berwarna hijau
  • Bulu dibagian ekornya berwarna hijau
  • Bulu dibagian tenggorokannya warna orange kemerahan
  • Pada bagian kepalanya keitaman dan agak pudar
  • Paruhnya warna merah dengan adanya iris kecoklatan
  • Kakinya yang berwarna abu-abu

Baca JugaBurung Lovebird Violet

Ciri Lovebird Kacamata Topeng Muda atau Anakan

  • Dibagian pangkal paruhnya ada seperti bercak-bercak hitam
  • Warna dari bulunya lebih pudar daripada lovebird kacamata topeng yang dewasa.

Dan ini dia beberapa jenis dari lovebird kacamata diantaranya :

1. Lovebird kacamata pipi hitam (Agapornis Nigrigenis)

Lovebird kacamata pipi hitam

Burung lovebird kacamata pipi hitam ini memiliki pipi yang warnanya hitam kecoklatan, tubuhnya berwarna hijau dan dibagian dadanya warna orange pucat.

2. Lovebird kacamata nyasa (Agapornis Liliane)

Lovebird kacamata nyasa

Lovebird kacamata nyasa ini mempunyai ciri-ciri tubuhnya berwarna hijau, paruhnya warna merah tua, bagian dada warnanya orange kekuningan dan kakinya warna abu-abu.

3. Lovebird kacamata ficheri

Lovebird kacamata ficheri

Ciri dari jenis ini tubuhnya warna hijau, dibagian dada warnanya kuning, paruh yang berwarna merah terang dan wajah hingga leher warna orange.

Mutasi Warna Burung Lovebird Kacamata Topeng

Mutasi warna yang ada pada burung lovebird kacamata topeng ini ada sejak tahun 1920-an. Warna mutasi tersebut yaitu warna biru.

Lovebird kacamata topeng ini termasuk kedalam salah satu jenis burung lovebird yang sangat gampang untuk dikembangbiakkan.

Maka dari itu dinegara Indonesia ini kita mudah untuk menemuinya.  Dan mutasi lainnya adalah hasil dari tempat pembiakkan biru cobalt yang setelah itu dimutasi kembali jadi ungu muda atau hitam.

Baca JugaBurung Lovebird Parblue

Perkembangbiakan Lovebird Kacamata Topeng

Burung lovebird kacamata topeng ini bisa membawa bahan untuk sarangnya untuk dibawanya ke celah pohon untuk sarang mereka nanti menggunakan paruhnya. Biasanya dia mempunyai 4 hingga 5 sarang, warna dari telurnyapun berwarna putih.

Burung lovebird kacamata topeng betina mengerami telurnya kira-kira selama 23 hari dan anakan dari burung lovebird kacamata topeng ini pergi dari sangkarnya kira-kira 42 hari setelah penetasan.

Dan burung lovebird kacamata topeng jantan akan merawat burung betina dan anaknya dalam hal memberi makan dan lain-lain selama 2 minggu sampai burung anakan meninggalkan sarangnya.

Daerah Persebaran Lovebird Kacamata Topeng

Lovebird kacamata topeng ini daerah persebarannya berada di Tanzania Utara dan bagian Tengah, namun dibudidayakan di Burundi dan Kenya.

Dan juga membedakan lovebird kacamata topeng betina dan jantan sangat susah tidak semua orang bisa membedakannya.

Lovebird kacamata topeng dikenal pada tahun 1800-an dan mulai diekspor ke luara Afrika ditahun 1920.

Mutasi warna ada beragam yakni ungu muda, lutino (ino), albino, biru, ungu dan cobalt.

Nah mutasi biru ini menjadi mutasi yang pertama dalam jenis lovebird, mutasi yang lainnya yaitu hasil dari penangkaran penyaringan seperti Biru Cobalt yang setelah itu mutasinya menjadi warna ungu muda (hitam).


Demikian artikel yang saya buat tentang lovebird kacamata topeng ini semoga bisa menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda semua.

Tinggalkan komentar