Burung Lovebird Jantan

Saat ini banyak orang memelihara hewan dan salah satunya yaitu pelihara burung lovebird dan bahkan dijadikan hobi. Dalam pelihara burung ini bisa jadi hiburan anda saat sedang gundah dan juga bisa melepas rasa capek anda disaat pulang bekerja.

Cara merawat burung lovebird sangat mudah namun untuk para pemula jika belum mengetahui apapun pasti akan terasa susah. Seperti yang sudah anda tahu lovebird memang mudah beradaptasi dilingkungan apapun jadi cara merawatnya juga gampang.

Jadi agar lovebird mempunyai kualitas yang bagus maka anda juga harus merawatnya dengan benar jangan asal merawatnya saja. Dan tidak hanya itu makanan burung lovebird juga harus yang berkualitas yang mempunyai kandungan proterin dan karbohidrat.

Sama seperti jenis burung lainnya lovebird juga memiliki 2 jenis kelamin yakni burung lovebird jantan dan burung lovebird betina. Untuk membedakan lovebird jantan dan betina ini cukup sulit jadi bagi para pemula akan merasa kesusahan. Nah jadi sebelum anda merawat atau ternak lovebird anda harus mengetahui dulu jenis kelaminnya.

Burung Lovebird Jantan

burung lovebird jantan ngekek

Jika jenis burung lainnya mudah dalam membedakan antara jantan betina untuk jenis lovebird ini membedakan antara burung lovebird jantan dan burung lovebird betina sedikit susah. Biasanya jika yang sudah sangat paham dengan lovebird hanya dengan melihat tingkah laku dan bentuk burung lovebird tersebut saja sudah bisa membedakannya.

Baca Juga : Burung Lovebird Biola

Nah untuk ciri-ciri burung lovebird jantan yaitu:

  • Paruhnya lebih lancip dan kecil
  • Bentuk tubuhnya panjang dan lebih ramping
  • Bagian ujung sayapnya menyilang
  • Jika lovebird jantan bertengger posisi kakinya cenderung rapat
  • Suara ngekek burung jantan terdengar seperti pendek-pendek
  • Supit urang burung jantan lebih keras,rapat dan tempatnya lebih dekat dengan pangkal ekor (jawa brutu)
  • Sifatnya agresif dan lebih gesit
  • Ekor burung jantan berbentu seperti huruf V
  • Bagian kepalanya lebih kecil dan bulat rata dibagian atas atau sering disebut papak
  • Saat burung jantan dipegang tubuhnya seperti ramping atau tidak berisi
  • Saat lovebird jantan sedang birahi perilakunya seperti ingin meloloh (menganggukan kepalanya seperti ingin keluarkan makanan dari paruhnya)

Burung Lovebird Jantan Ngekek Panjang

Tidak hanya burung betina saja yang bisa ngekek panjang ternyata  banyak burung lovebird jantan ngekek panjang saat diperlombaan. Namun untuk setting burung jantan agar bisa ngekek panjang ini memang susah maka kebanyakan orang yang putus asa bila menggunakan lovebird jantan.

Jadi bila anda ingin lovebird jantan anda ngekek panjang anda bisa mengikuti cara perawatan dibawah ini.

  1. Mental dan genetik

Anda harus perhatikan dalam pemilihan bruung lovebird ini, hal ini berguna kira-kira 80% : 20% yang artinya bila anda pilih burung genetik 80% nya itu akan mempunyai bentuk mental yang baik daripada burung yang biasa.

Namun hal ini tidak mempengaruhinya karena burung biasa saja tanpa adanya genetik bisa kalahkan burung genetik lovebird yang ngekek panjang.

  1. Satukan dengan pasangannya

Menyatukan lovebird dengan pasangannya bisa membuat birahinya tetap stabil karena lovebird jantan lebih gampang naik birahinya daripada lovebird betina dan juga lebih sulut diturunkan jika sudah over birahi.

  1. Penjemuran

Dalam penjemuran ini anda lakukan dengan pasangan burung lovebird tersebut jadi anda tidak perlu memisahkan mereka jadi biarkan saja mereka tetap satu kandang ketika dijemur.

  1. Makanan

Makanan harian burung lovebird jantang ngekek panjang adalah milet putih, jangan beri campuran apapun kedalam makanan lovebird. Dan anda juga bisa memberi makanan tambahan atau extra fooding seperti kangkung dan jagung.

Dalam memberi makanan tambahan tersebut harus ada perbandingannya seperti jagung pada hari rabu dan kangkung setiap hari senin, selasa. Hal ini bertujuan untuk nutrisi lovebird tetap terjaga.

  1. Mandi

Anda cukup memandikan burung lovebird pada pagi hari saja bersama dengan pasangan burung lovebird. Dalam memandikan lovebird dengan menyemprotkan air sampai tubuh dari lovebird basah semua. Sebelum dimandikan lovebird harus dijemur kira-kira 2 jam, setelah itu baru dimandikan.

Burung Lovebird Jantan Untuk Lomba

Bila anda ingin mengikut lombakan burung lovebird jantan anda harus memperhatikannya dulu karakter dari lovebird jantan. Apakah anda tahu burung lovebird jantan atau betina yang bagus buat lomba? Sebagian orang berkata bahwa burung yang bagus untuk lomba itu adalah burung lovebird jantan.

Dan berikut beberapa settingan burung lovebird jantan atau betina untuk lomba agar ngekek panjang yang bisa anda praktekkan.

  • H-3 sebelum perlombaan burung lovebird jantan anda pisahkan dengan burung lovebird betina, biarkan lovebird jantan tersebut sendiri dalam kandang perlombaan.
  • Pagi harinya kira-kira jam 05.00 burung lovebird jantan diembunkan
  • Pada jam 07.00 pagi lovebird jantan anda mandikan lalu diangin-anginkan ditemput yang tidak panas
  • Jika bulu lovebird suah kering selanjutnya anda bisa menjemurnya kira-kira 15 menit sampai 20 menit.
  • Lalu burung lovebird dikerodong dan simpan ditempat yang sejuk
  • Saat burung lovebird dikerodong pastikan jauh dari gangguan suara yang berisik kecuali suara dari masteran yang anda gunakan
  • Untuk makanan burung lovebird jantan yaitu anda bisa memberinya milet putih dan air minum putih dan bisa juga makanan burung tersebut anda campur dengan jagung
  • Dan saat perlombaan tiba burung lovebird jantan anda rawat sama seperti perawatan h-3 ini. yang membedakannya kandang harus selalu dibersihkan

Baca Juga : Burung Lovebird Batman

Burung Lovebird Jantan Konslet

Kebanyakan orang menggunakan burung lovebird jantan konslet karena lovebird jantan lebih gampang dalam mencetaknya daripada lovebird betina. jadi bila anda ingin mempunyai bruung lovebird konslet anda harus merawatnya dengan benar.

Dan untuk ciri-ciri burung lovebird jantan konslet sebagai berikut.

  • Burung lovebird jantan akan mencabut bulunya

Banyak burung lovebird jantan konslet yang cabut bulu naik gantangan, jika dilihat memang kurang enak padahal cabut bulu ini termasuk dalam bahan burung lovebird yang akan konslet. Biasanya cabut bulu ini pada bagian burung lovebird dada dan lehernya, dan cabut bulu ini yang bagus untuk dijadikan bahan lovebird konslet yaitu cabut bulu karena pasangannya dipisahkan.

  • Burung lovebird jantan konslet gestang

Burung lovebird jantan yang akan konslet yaitu lovebird jantan yang dipilih gestang dengan sambil ngekek. Oh iya gestang disini maksudnya adalah gesek tangkringan ya.. nah jadi lovebird jantan gestang yang tidak sambil ngekek itu banyak bisa kita temui, namun burung lovebird jantan gestang yang sambil ngekek itu memang sangat jarang.

  • Burung lovebird jantan koslet garuk-garuk kepala

Burung lovebird jantan yang konslet dengan menggaruk-garuk kepalanya ini biasa disebut lovebird sardot. Dan ciri-ciri burung lovebird jantan konslet dengan garuk-garuk kepala yang bagus yaitu saat garuk kepala kepala dan kaki kanan atau kirinya sambil ngekek.

  • Burung lovebird jantan konslet geleng-geleng kepala

Jenis ini sangat aneh menurut para pecinta burung karena tidak semua burung lovebird jantan bisa melakukan hal unik ini. Dan lovebird jantan yang mempunyai kelakuan ini maka bisa dibilang dia akan konslet, jadi bila lovebird yang anda pelihara melakukan hal ini maka tandanya lovebird jantan anda konslet.

Burung Lovebrid Jantan Ngapal

Burung lovebird jantan ngapal maksudnya adalah saat burung lovebird membuka kedua sayapnya dan sambil mengangkat bokong dan ekornya keatas. Ternyata tidak hanya lovebird betina saja yang ngapal ketika sedang mengalami birahi, burung lovebird jantan juga ngapal namun memang tidak semuanya.

Bedanya jika lovebird betina ngapal itu karena dia sedang birahi dan mau dikawini sedangkan lovebird jantan ngapal itu tujuannya untuk merayu pasangannya yaitu lovebird betina. dan juga lovebird jantan bila ngapal hanya kedua sayapnya saja yang kelihatan ngapal tapi pantat dan ekornya tidak akan keatas.

Nah jadi walaupun lovebird betina dan jantan sama-sama mengalami ngapal tapi keadaan ngapal tersebut berbeda.

Demikian artikel ini tentang burung lovebird jantan semoga bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan komentar