Burung Lovebird Blorok

Burung lovebird pasti anda sudah familiar bukan jika mendengan jenis burung ini, lovebird menjadi salah satu jenis burung hias yang banyak digemari oleh pecinta burung.

Karena lovebird mempunyai daya tarik yang khas yaitu warna bulunya yang indah dan juga suara kicauannya yang merdu.

Seperti yang kita bersama tau jenis dari lovebird ini bermacam-macam, nah saat ini saya akan membahas tentang salah satu jenisnya yaitu Lovebird Blorok. Lovebird blorok menjadi salah satu jenis lovebird yang saat ini langka.

Itu disebabkan oleh susahnya lovebird blorok untuk dikembangbiakkan dan cara mencetaknyapun tidak semudah membalikkan tangan atau harus banyak bersabar. Nah maka dari itu banyak peternak yang gagal dalam mencetak lovebird blorok ini.

Jenis lovebird ini biasa disebut dengan lovebird yang berkelainan gen karena warna pada bulu sayapnya polanya acak-acakkan atau tidak teratur dan mempunyai motif yang tidak dimiliki oleh lovebird jenis lainnya.

Jenis lovebid blorok yang sering ditemui diantaranya lovebird blorok lutino, lovebird blorok blue series, lovebird blorok green series dan lovebird blorok violet.

Lovebird blorok

Lovebird blorok berciri-ciri bagian punggung hingga sayapnya memiliki kombinasi warna yang berbeda. Dan biasanya lovebird blorok mempunyai warna utama yaitu green series atau hijau dan blue series atau biru.

Warna blorok ini tidak dihasilkan oleh pasangan yang hanya itu saja malah banyak jenisnya, oleh karena itu warna dari lovebird blorok ini hasilnya berbeda-beda bergantung pada kombinasi dari perkawinan yang dilakukan tersebut dan itu yang akan menjadikan hasil warna kombinasi yang cukup langka.

Sehingga lovebird jenis ini pun menjadi salah satu lovebird blorok yang termahal. Dan jenis dari lovebird blorok ini ada beberapa jenis seperti dibawah ini.

  1. Lovebird Blorok Green Series

Lovebird Blorok Green Series

Lovebird blorok green series ini mempunyai campuran warna yang indah dibagian tubuhnya yakni campuran warna hijau, orange dan kuning.

Di seluruh bagian dadanya warna kuning,kepalanya berwarna orange dan sayapnya berwarna hijau dengan campuran warna kuning, dibagian tersebut lah yang sangat kelihatan unik.

Baca Juga : Burung Lovebird Pasjo

Dan tidak hanya dari warnanya yang cantik saja tapi ada hal lain juga yang bisa memikat hati para pecinta burung, yaitu suara kicauannya. Nah suara kicauannya ini mempunyai irama yang sangat merdu dan juga kicauannya panjang.

  1. Lovebird Blorok Blue Series

Lovebird Blorok Blue Series

Lovebird blorok blue series mempunyai campuran warna yang beragam seperti bagian tubuhnya berwarna  biru tua dengan totol-totol putih, kepalanya didominasi warna putih,paruhnya berwarna orange.

Sayapnya berwarna biru tua dengan totol putih dan sedikit ada warna hitam sehingga itu yang membuat lovebird blorok blue series ini terlihat cantik juga gagah.

Lovebird jenis ini biasanya paruhnya ada sedikit warna keputihan  dan ukurannya lebih besar dibanding dengan lovebird asli dari Indonesia.

  1. Lovebird Blorok Hitam

Lovebird Blorok Hitam

Lovebid blorok hitam mempunyai campuran warna yang juga sangat cantik tidak kalah dengan jenis blorok lainnya yakni campuran warna hitam, putih dan abu-abu.

Salah satu cirinya adalah kakinya yang berwarna abu-abu, selain itu kepala dari lovebird blorok hitam ini didominasi oleh warna hitam, sayapnya berwarna hitam dengan adanya sedikit sembur yang warnanya putih, paruhnya warna orange kemerahan dan dada yang warnanya putih dengan leher yang mempunyai gradasi warna kecoklatan.

Cara Mencetak Lovebird Blorok

Lovebird blorok yang mempunyai warna hijau tersebut biasa disebut dengan Lovebird Green Series, yang dihasilkan dari persilangan antara 2 jenis lovebird yang berbeda-beda. Jenis blorok hijau adalah bisa hasil dari penyilangan antara jenis lovebird lutino  dan lovebird dakori.

Persilangan tersebut akan mendapatkan hasil jenis lovebird blorok hijau yang bagus, ini disebabkan oleh kedua jenis tersebut umumnya sudah mempunyai warna bulu yang bagus dan cantik.

Namun bila anda ingin melakukan ini perlu kesabaran yang besar karena untuk menyilangkan lovebird lutino dan dakori butuh waktu hinga bertahun-tahun.

Namun bila anda ingin yang tidak sesusah itu maka anda bisa menggunakan pejantan yang memiliki gen blorok, karena gen pejantan itu memiliki pengaruh yang sangat kuat dalam perangkapan gen anakan burung nantinya.

Untuk mendapat gen blorok dalam mengkawin silangkan warna harus anda lakukan berkali-kali, pertama mengawinkan lovebird lutino dengan hijau dari sana bisa mndapatkan hasil keturunan warna hijau.

Nah kemudian dari hasil turunan tersebut kawinkan kembali dengan jenis lovebird lutino, sehingga akan menghasilkan anakan blorok.

Cara Mendapat Blorok Blue Series

Untuk mendapat lovebird blue series ini anda juga perlu kesabaran karena lovebird yang sudah siap produksi biasanya pada umur 8 bulanan. Dan anda bisa menggunakan indukan lovebird albino dengan pastel biru atau hiaju, setelah itu kawin silangkan dnegan berkali-kali.

Sebaiknya anda memilih indukan yang memiliki motif blorok yang bagus dan postur badan yang besar karena supaya mendapat anakan lovebird blorok yang kualitasnya tinggi. Seperti dengan memilih personata dan disilangkan dengan fischeri atau personata dan disilangkan dengan jenis fischeri.

Namun anda juga perlu perhatikan jangan menyilangkan dnegan motif yang berbeda pada burung lovebird karena itu bisa menyebabkan anakan menjadi hybrid.

Baca Juga : Burung Lovebird Pasvio

Harga Lovebird Blorok

Seperti yang kita tahu lovebird blorok ini menjadi salah satu lovebird yang termahal karena warnanya yang unik dan juga kicauannya yang merdu. Untuk lebih jelasnya dibawah ini saya beri daftar dari lovebird blorok

  • Harga lovebird blorok green series anakan Rp 1.200.000
  • Harga lovebird blorok dewasa Rp 1.700.000
  • Harga lovebird blorok hitam anakan Rp 2.000.000
  • Harga lovebird blorok hitam dewasa Rp 3.000.000
  • Harga lovebird blorok yang sudah juara Rp 10.000.000
  • Harga lovebird blorok anakan dibawah umur 3 bulan Rp 1.000.000
  • Harga lovebird blorok sudah siap produksi atau dewasa Rp 2.000.000

Demikian pembahasan tentang lovebird blorok ini, semoga bermanfaat untuk anda. Jadi bagaimana apakah anda tertarik untuk memeliharanya?

Tinggalkan komentar